Rauhanda Riyantama
Gelandang Arsenal Fabio Vieira (kedua dari kiri) merayakan gol bersama rekan-rekan satu tim dalam pertandingan Grup A Liga Europa antara Arsenal dan Bodo/Glimt di Stadion Arsenal di London pada 6 Oktober 2022.[AFP/DANIEL LEAL]

Bolatimes.com - Berikut durasi terlama Arsenal selama menjadi pemuncak klasemen di Liga Inggris seiring kisah sukses The Gunners di ajang tersebut musim ini.

Arsenal tengah menjadi kejutan di Liga Inggris 2022/2023 ini menyusul keberhasilannya menduduki puncak klasemen sementara.

Dalam sembilan laga yang telah dilakoni, Arsenal hanya meraih satu kekalahan saja, yakni kala tumbang dari Manchester United di pekan ke-6.

Baca Juga:
Ranking BWF Terbaru: Kevin/Marcus Turun, Jojo Naik Geser Kento Momota

Selebihnya, tim yang ditukangi Mikel Arteta itu mampu meraih delapan kemenangan, sehingga mampu mengumpulkan 24 poin sejauh ini.

Raihan 24 poin itu unggul atas Manchester City yang baru mengoleksi 23 poin dengan raihan tujuh kemenangan dan dua hasil imbang.

Di sisi lain, torehan Arsenal itu mengungguli kompetitor lainnya di The Big Six, seperti Tottenham Hotspur (20 poin), Chelsea (16 poin), Man United (15 poin), dan Liverpool (10 poin).

Baca Juga:
Fakta-fakta Menarik Jelang Big Match AC Milan vs Chelsea di Liga Champions Malam Ini

Tak pelak, banyak pihak yang memprediksi bahwa Arsenal akan menjadi salah satu penantang Manchester City dalam perebutan gelar Liga Inggris.

Apalagi saat ini pesaing lainnya dari The Big Six tengah inkonsisten menyusul adanya problema di tubuh klub-klub tersebut.

Namun prediksi ini belum tentu bisa mengakhiri puasa gelar Arsenal di Liga Inggris, meski The Gunners terbilang cukup lama menduduki puncak klasemen.

Baca Juga:
TGIPF Sebut PSSI Tak Merasa Tanggung Jawab atas Tragedi Kanjuruhan tapi Terima Masukan

Sebab, tercatat tiga kali sudah Arsenal menduduki puncak klasemen dalam waktu lama namun gagal mengakhiri musim dengan gelar juara Liga Inggris.

Lantas, kapan saja Arsenal menduduki puncak klasemen Liga Inggris dalam waktu lama? Berikut daftarnya.

1. Liga Inggris 2007/2008

Baca Juga:
Usai Hajar Timnas Indonesia U-16, Osmera Omaro Berhasrat Bawa Malaysia Lolos ke Piala Dunia

Arsenal pernah menguasai puncak klasemen sementara Liga Inggris 2007/2008 dalam waktu yang lama, yakni selama 98 hari.

Di musim tersebut, Arsenal menguasai puncak klasemen sejak pekan ke-7 dengan catatan lima kemenangan dan dua hasil imbang. The Gunners menguasai klasemen tersebut hingga pekan ke-21 saja.

Di pekan ke-22, Arsenal harus digusur Manchester United akibat bermain imbang 1-1 dengan Birmingham City. Di akhir musim pun The Gunners hanya finis di peringkat ke-3 klasemen.

2. Liga Inggris 2013/2014

Usai Liga Inggris 2007/2008, Arsenal kembali menguasai puncak klasemen Liga Inggris cukup lama yakni di musim 2013/2014.

Arsenal mampu menguasai puncak klasemen Liga Inggris 2013/2014 selama 83 hari, yakni sejak pekan ke-5 hingga pekan ke-16.

Di pekan ke-17, Arsenal harus tergusur dari Liverpool usai bermain imbang 0-0 dengan Chelsea. Di akhir musim, The Gunners pun hanya mampu finis di peringkat ke-4.

3. Liga Inggris 2022/2023

Di Liga Inggris 2022/2023 ini, Arsenal pun seakan ingin mengulangi pencapaiannya di musim 2007/2008 dan 2013/2014 dengan menguasai puncak klasemen dalam waktu lama.

Hingga artikel ini dibuat, Arsenal menduduki puncak klasemen selama 50 hari atau sejak pekan ke-3 hingga pekan ke-9 belum lama ini.

Dengan performanya saat ini, catatan Arsenal ini bisa diperpanjang hingga waktu yang lama atau bahkan bisa mengakhiri puasa gelar Liga Inggris sejak musim 2003/2004 silam.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More