Rauhanda Riyantama
Aksi Arthur Oliveira saat Timnas Futsal Jepang kalahkan Iran 3-2 di final Piala Asia Futsal 2022. (Dok. AFC)

Bolatimes.com - Arthur Oliveira menjadi salah satu sosok kunci dan penting dalam keberhasilan Timnas Futsal Jepang menjuarai Piala Asia Futsal 2022.

Ya, Jepang berhasil menjadi kampiun sekaligus memutus dominasi dari sang raja futsal Asia, Iran. Pertandingan babak final antara Jepang vs Iran berlangsung di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait, pada Minggu (9/10/2022) dini hari WIB.

Jepang mampu mengakhiri laga tersebut dengan skor 3-2 setelah sempat tertinggal lebih dulu pada babak pertama. Gol-gol kemenangan timnas futsal Jepang dicetak oleh Kazuya Shimizu (16'), Arthur Oliveira (27'), dan Neto Antonio Hirata (40').

Baca Juga:
Jika Kalah 2-5 dari Malaysia, Timnas Indonesia U-16 Sebetulnya Bisa Lolos ke Piala Asia U-17 2023

Sementara itu, sepasang gol untuk Iran tercipta melalui aksi Saeid Ahmad Abbasi (15') dan Alireza Javan Shahkhali (40').

Trofi Piala Asia Futsal 2022 tercatat menjadi gelar keempat yang dimiliki oleh Jepang sepanjang sejarah turnamen ini berlangsung.

Gelar Piala Asia Futsal pertama Jepang diraih pada edisi 2006. Saat itu di final, Jepang berhasil mengalahkan tuan rumah Uzbekistan.

Baca Juga:
Profil Laos, Tim Kejuatan ASEAN yang Lolos ke Piala Asia U-17 2023

Jepang lalu meraih dua gelar juara beruntun pada 2012 dan 2014, lalu melengkapinya dengan edisi 2022. Lantas, siapa sosok Arthur Oliveira ini?

Profil Arthur Oliveira

Arthur Oliveira adalah sosok kelahiran Caxias do Sul, Brasil, pada 30 Juli 1990. Darah futsal mengalir dalam tubuhnya dari sang ayah, Paulo Cesar de Oliveira.

Baca Juga:
Termasuk Mental Down, Inilah 3 Penyebab Kekalahan Timnas Indonesia U-16 dari Malaysia

Sosok yang biasa disapa Pece itu merupakan eks pelatih futsal timnas futsal Brasil yang meraih gelar juara Piala Dunia Futsal 2008.

Karier futsal Oliveira dimulai di berbagai klub futsal di Brasil. Dia sempat membela beberapa klub seperti Cepe and Ulbra, Praia Clube, dan sempat membela Corinthians.

Pada Mei 2015, Arthur Oliveira merantau ke Jepang dengan bergabung ke Shriker Osaka untuk bermain di Liga Futsal Jepang.

Baca Juga:
Pelatih Malaysia Ungkap Cara Bungkam Timnas Indonesia U-16 dengan Skor Telak

Oliveira menghabiskan sekitar empat musim di Shriker Osaka dengan mencatatkan 116 gol dalam 136 penampilan di Liga Futsal Jepang. Bersama Shriker Osaka pula Oliveira meraih 1 gelar juara Liga Futsal Jepang.

Pada April 2020, Arthur Oliveira pindah ke Nagoya Oceans. Di tahun yang sama, Arthur Oliveira juga resmi menjadi pemain naturalisasi Jepang.

Bersama Nagoya Oceans, Arthur Oliveira meraih berbagai gelar seperti 2 trofi Liga Futsal Jepang dan satu kali juara Piala Asia Futsal Antarklub 2019.

Torehan terbarunya adalah mengantarkan timnas futsal Jepang menjadi kampiun Piala Asia Futsal 2022 usai mengalahkan Iran 3-2.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More