Irwan Febri Rialdi
Timnas Laos U-16 merayakan kemenangan atas Kirgistan. (Dok. Lao FF)

Bolatimes.com - Timnas Laos U-16 secara mengejutkan berhasil meloloskan diri ke putaran final Piala Asia U-17 2023 yang berlangsung pada 3-20 Mei tahun depan.

Laos lolos ke putaran final Piala Asia U-17 melalui jalur runner-up terbaik. Seperti yang diketahui, AFC hanya memilih enam runner-up terbaik dari 10 grup di babak kualifikasi.

Laos sebetulnya sempat tampil kurang meyakinkan setelah kalah 0-3 dari Iran di laga perdana. Namun, mereka mampu bangkit di sisa dua laga.

Mereka mampu mengalahkan Hong Kong dengan skor 5-0 dan terakhir menang dramatis 2-1 atas Kyrgyzstan di laga terakhir Grup J.

Atas kemenangan itu, Laos U-16 duduk di posisi kedua Grup J dengan 6 poin dan selisih gol +3. Mereka menggeser Timnas Indonesia U-16 dari posisi enam runner-up terbaik.

Ya, Timnas Indonesia U-16 harus gigit jari lantaran gagal lolos ke Piala Asia U-17 2023 setelah hanya menempati urutan ketujuh runner-up terbaik.

Di laga terakhir Grup B, Timnas Indonesia U-16 dihajar Malaysia 1-5. Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-16 mengumpulkan 6 poin dan selisih gol -3.

Lantas, bagaimana kiprah Laos U-16 sendiri?

Profil Laos U-16

Saat ini Laos U-17 dilatih oleh sosok pelatih asal Loas pula, Kanlaya Sysomvang. Dia adalah mantan pesepak bola Laos dan timnas Laos.

Usianya masih terbilang muda karena kini dia baru berusia 31 tahun. Meski begitu, dia sudah punya cukup banyak pengalaman melatih di kelompok usia.

Dia kini masih menjabat sebagai asisten pelatih di timnas Laos U-23 dan timnas Laos senior. Dia mengemban jabatan ini dari 2021.

Pada 2022, Sysomvang ditunjuk sebagai pelatih timnas Laos U-17. Ajang pertama yang diikuti adalah Piala AFF U-16 di mana dia cuma bisa membawa Laos sampai di fase grup saja.

Prestasi Laos U-16

Laos bukan kekuatan besar di sepak bola ASEAN, ini bisa terlihat dari sepak terjang mereka di berbagai ajang. Dia ajang Piala AFF, misalnya, mereka tak pernah juara.

Posisi terbaik Laos adalah menempati runner-up di Piala AFF U-16 edisi 2007 dan 2011.

Di pentas Piala Asia U-17, Laos pertama kali lolos ke putaran final adalah pada edisi 2004. Mereka kembali lolos ke putaran final pada 2012.

Keberhasilan Laos lolos ke Piala Asia U-17 2023 menjadi kali ketiga bagi mereka lolos ke Piala Asia U-17. Di dua kesempatan sebelumnya, mereka selalu terhenti di babak grup.

Adapun, pemain-pemain yang dibawa Laos U-16 di kualifikasi Piala Asia U-17 2023 besar kemungkinan akan menjadi andalan di putaran final nanti.

Daftar pemain Laos U-16:

Kiper: Souksamone Vethita, Soulisack Manpaseuth, Chanthavysouk Nouvorlavong

Pemain belakang: Xayyasouk Keovisone, Khounvang Soundala,  Aliyakone Fongsavanh, Doulanay Keomanyvong, Khammanh Thapaseuth, Chanthavisouk Phongsavat.

Pemain tengah: Sayfon Keohanam, Khounthavy Thongmany, Sisavath Keomoungkhoun, Billy Donsanouphit, Nakhom Xayyavong, Xaymangkone Piemmalay, Songkan Liyasak, Xayyavath Vansavath, Ketsada Detkoumman, Phousomboun Panyavong.

Pemain depan: Peter Phanthavong, Thanousak Nanthavongduangsy, Phetsamone Sihatheb, Xikanda Xaysongkham.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More