Arif Budi Setyanto
Pelatih Timnas Malaysia U-23, Brad Maloney. (Dok. FAM)

Bolatimes.com - Ada sosok mantan pelatih Malaysia U-23, Brad Maloney dalam keberhasilan Australia lolos dari Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Usai didepak oleh FAM, ia memang pulang kampung dan menangani tim muda dari Negeri Kanguru tersebut.

Australia sebelumnya gagal total di Piala AFF U-16 2022. Kala itu, tim masih ditangani oleh Michael Cooper yang gagal membawa timnya lolos dari fase grup.

Akan tetapi, kebangkitan Australia tidak butuh waktu lama. Nyatanya mereka kini mampu lolos dari Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Baca Juga:
Imbas Tragedi Kanjuruhan, Thailand Harap Laga vs Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 Digelar Tanpa Penonton

Australia tergabung di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 serta menjadi tuan rumah. Pada pertandingan awal, Di Pizio dkk langsung disorot karena menang telak 23-0 atas Mariana Utara.

Selanjutnya ketika menghadapi Kamboja, Australia kembali menang besar 10-0. Terakhir, tiket lolos ke Piala Asia U-17 2023 didapatkan usai mengalahkan China dengan skor 3-1.

Keberhasilan Australia ini tak lepas dari sosok Brad Maloney. Sebab, ia memang ditunjuk untuk menggantikan Cooper di tim muda.

Baca Juga:
Media Malaysia Lebih Jagokan Timnas Indonesia U-16 Ketimbang Harimau Malaya Muda

Australia vs Mariana Utara di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. (Dok. Socceroos)

Secara pemain, tidak banyak perubahan yang terjadi di kubu Australia. Namun, Brad Maloney memanggil Nestroy Irakunda yang punya pengaruh besar.

Irakunda menjadi andalan Australia dan tampil luar biasa. Sejauh inim ia mencetak delapan gol dan berhasil membawa Australia lolos ke Piala Asia U-17 2023.

Maka dari itu, patut diapresiasi tangan dingin Brad Maloney untuk Australia, meski sebelumnya ia dipecat dari Malaysia karena hasil buruk di level U-23.

Baca Juga:
Gemilang di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Timnas Indonesia U-16 Disebut yang Terkuat di Asia Tenggara

Load More