Rauhanda Riyantama
Aksi Arthur Oliveira saat Timnas Futsal Jepang kalahkan Iran 3-2 di final Piala Asia Futsal 2022. (Dok. AFC)

Bolatimes.com - Timnas Futsal Jepang akhirnya memastikan diri keluar sebagai juara Piala Asia Futsal 2022 seusai mengalahkan Iran pada partai puncak.

Pertandingan babak final antara Jepang vs Iran sendiri berlangsung di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait, pada Minggu (9/10/2022) dini hari WIB.

Timnas futsal Jepang mampu mengakhiri laga tersebut dengan skor 3-2 setelah sempat tertinggal lebih dulu pada babak pertama. Gol-gol kemenangan timnas futsal Jepang dicetak oleh Kazuya Shimizu (16'), Arthur Oliveira (27'), dan Neto Antonio Hirata (40').

Baca Juga:
Daftar Lengkap Juara Piala Asia Futsal, Edisi Terkini Diraih Jepang

Sementara itu, sepasang gol untuk Iran tercipta melalui aksi Saeid Ahmad Abbasi (15') dan Alireza Javan Shahkhali (40'). 

Dengan hasil ini, Jepang mampu menunjukkan bahwa mereka juga salah satu kekuatan yang patut diperhitungkan di futsal Asia.

Lantas, apa saja fakta menarik yang menyertai keberhasilan Timnas Futsal Jepang meraih gelar Piala Asia Futsal 2022? Berikut ulasannya!

Baca Juga:
Imbas Tragedi Kanjuruhan, Thailand Harap Laga vs Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 Digelar Tanpa Penonton

1. Putus Dominasi Iran

Sejak pertama kali digelar pada 1999, Piala Asia Futsal didominasi oleh Iran. Mereka total sudah mengoleksi 12 gelar juara dari 16 edisi Piala Asia Futsal.

Keberhasilan Jepang menjadi juara Piala Asia Futsal 2022 juga memutus dominasi Iran yang dalam dua edisi terakhir, 2016 dan 2018, selalu menjadi kampiun.

Baca Juga:
Media Malaysia Lebih Jagokan Timnas Indonesia U-16 Ketimbang Harimau Malaya Muda

Meski koleksi gelar juara Jepang masih jauh dari Iran, tetapi gelar Piala Asia Futsal 2022 setidaknya membuktikan bahwa Jepang juga bisa menjadi raja di futsal Asia.

Timnas Futsal Jepang kalahkan Iran 3-2 di final Piala Asia Futsal 2022. (Dok. AFC)

2. Gelar Keempat Jepang

Trofi Piala Asia Futsal 2022 tercatat menjadi gelar keempat yang dimiliki oleh Jepang sepanjang sejrah turnamen ini berlangsung.

Baca Juga:
18 Klub akan Temui Kemenpora untuk Bahas Kelanjutan Liga 1 2022/2023

Gelar Piala Asia Futsal pertama Jepang diraih pada edisi 2006. Saat itu di final, Jepang berhasil mengalahkan tuan rumah Uzbekistan.

Jepang lalu meraih dua gelar juara beruntun pada 2012 dan 2014, lalu melengkapinya dengan edisi 2022.

3. Kalah di Laga Perdana

Kemenangan Jepang pada final Piala Asia Futsal 2022 terbilang mengejutkan. Pasalnya, sebelum ini, Jepang memiliki riwayat penampilan yang tak cukup menjanjikan.

Di fase grup, Jepang sempat takluk 1-2 dari Arab Saudi sebelum bangkit dan menyapu bersih dua laga kontra Korea Selatan (6-0) dan Vietnam (2-0). 

Selanjutnya, di perempat final, Jepang kesulitan meladeni perlawanan Indonesia. Mereka bahkan sempat tertinggal sebelum menang dramatis dengan skor 3-2.

Jepang juga cukup kesulitan di babak semifinal, mereka menang secara dramatis 2-1 setelah sempat tertinggal lebih dulu dari Uzbekistan.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More