Irwan Febri Rialdi
Timnas Myanmar U-16 di Kualifikasi Piala Asiaa U-17 2023. (Dok. MFF)

Bolatimes.com - Sejauh ini, tercatat sudah ada sejumlah negara yang dipastikan gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 karena gagal bersaing di fase kualifikasi.

Setidaknya, sudah ada 19 kontestan yang tersisih dari persaingan Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Tim-tim yang berguguran ini tersebar dari 10 grup yang tersaji di babak ini.

Dari Grup A, misalnya, sudah ada Turkmenistan, Suriah, dan Filipina. Ketiga tim ini dipastikan tersingkir dari perebutan dua tempat teratas pada klasemen akhir nanti.

Sebab, posisi puncak sudah dipastikan dihuni oleh Jepang yang nantinya bakal bertanding dengan Yordania pada laga pamungkas Grup A.

Kemudian, di Grup B ada Uni Emirat Arab, Guam, dan Palestina. Ketiga kontestan ini dipastikan gagal merebut tiket untuk lolos ke putaran final.

Pasalnya, posisi pertama dan kedua akan diperebutkan oleh timnas U-17 Indonesia dan Malaysia pada pertandingan pamungkas yang akan menentukan status juara dan runner-up grup. 

Adapun di Grup C, dua kontestan yang telah tersingkir dari persaingan ialah Bahrain dan Lebanon. Sedangkan tiga tim lainnya, yakni Qatar, Oman, dan Irak, masih berpeluang untuk berebut tiket.

Selanjutnya, ada Kuwait, Myanmar, dan Maladewa yang tersisih dari perebutan tiket di Grup D. Sebab, dua tempat teratas sudah dipastikan menjadi milik Arab Saudi dan India.

Kedua tim yang disebut terakhir ini akan bersaing untuk memperebutkan status sebagai juara Grup D. Mereka sama-sama mengumpulkan sembilan poin dari tiga pertandingan.

Sementara itu, dua kontestan yang telah dipastikan gagal dari persaingan di Grup E ialah Singapura dan Bhutan. Kedua tim ini sama-sama mengalami dua kekalahan dari dua laga.

Adapun perebutan puncak klasemen nantinya akan melibatkan duel antara Yaman melawan Bangladesh. Tim yang menjadi pemenang akan merebut posisi puncak, sedangkan yang kalah tergusur jadi runner-up.

Untuk tim yang tidak lolos dari Grup F, ada Cina Taipei dan Nepal. Lalu, Grup G terdapat Kamboja dan Mariana Utara, sedangkan Grup H Mongolia, serta Hong Kong di Grup I.

Berikut Bolatimes.com menyajikan daftar negara yang sudah dipastikan gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

Grup A: Turkmenistan, Suriah, Filipina

Grup B: Uni Emirat Arab, Guam, Palestina

Grup C: Bahrain, Lebanon

Grup D: Kuwait, Myanmar, Maladewa

Grup E: Singapura, Bhutan 

Grup F: China Taipei, Nepal

Grup G: Kamboja, Kepulauan Mariana Utara

Grup H: Mongolia

Grup I: Hong Kong

Grup J: -

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More