Irwan Febri Rialdi
Australia vs Mariana Utara di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. (Dok. Socceroos)

Bolatimes.com - Timnas Kepulauan Mariana Utara sedang jadi perbincangan setelah dihajar Australia pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Tak tanggung-tanggung, Australia melumat mereka dengan kemenangan 23-0 yang diraih pada Rabu (5/10/2022). Australia pun resmi memegang rekor gol kemenangan terbesar di Kualifikasi Piala Asia U-17.

Rekor ini sebelumnya dipegang oleh Jepang pada Kualifikasi Piala Asia U-17 2018. Saat itu Jepang berhasil melumat Guam dengan skor 20-0.

Kiprah Mariana Utara di ajang-ajang Asia memang tidak mentereng. Mereka lebih sering menjadi lumbung gol dari lawan-lawannya.

Profil Kepulauan Mariana Utara

Kepulauan Mariana Utara merupakan anggota dari East Asian Football Federation (EAFF) atau federasi Asia Timur. Menariknya, Kepulauan Mariana Utara belum diakui oleh FIFA.

Kepulauan Mariana Utara sendiri sebetulnya bukan bagian dari benua Asia. Negara persemakmuran Amerika Serikat ini merupakan negara kepulauan kecil di Samudra Pasifik, dekat dengan Guam.

Pasca kemenangan Amerika Serikat pada Perang Dunia II, masyarakat Mariana Utara menjadi wilayah yang secara administrasi masuk ke dalam wilayah Amerika Serikat di Samudera Pasific seperti Guam dan Hawaii.

Setelah 4 kali referendum, masyarakat Kepulauan Mariana Utara menolak status merdeka secara penuh dari Amerika Serikat. Mereka pun akhirnya mendapatkan status sebagai negara persemakmuran Amerika Serikat pada 1975.

Dalam kiprah mereka di sepak bola, negara ini baru membentuk asosiasi sepak bola pada 2005 silam dan diakui oleh EAFF pada 2008.

Kepulauan Mariana Utara lalu resmi menjadi anggota dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Sepanjang keikutsertaan Kepulauan Mariana Utara di berbagai kompetisi, mereka selalu menjadi lumbung gol lawan-lawannya. Terbaru tentu saja dihantam Australia 0-23 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Ini bukan satu-satunya kekalahan besar yang ditelan Mariana Utara. Mereka pernah dibantai Jepang 0-20, kalah 0-18 dari Korea Utara, hingga dilumat Timnas Indonesia U-16 18-0.

Pada Kualifikasi Piala Asia U-16 2020, Kepulauan Mariana Utara selalu kalah dalam 4 pertandingan dengan total kemasukan 42 kali.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More