Rauhanda Riyantama
Calon pemain naturalisasi Malaysia, Paulo Josue. (Twitter)

Bolatimes.com - Paulo Josue muncul sebagai nama baru calon pemain naturalisasi Malaysia. Dia sendiri memang sudah malang melintang di sepak bola Negeri Jiran.

Tidak hanya di sepak bola Indonesia, gelombang naturalisasi juga sedang gencar terdengar di sepak bola Malaysia. Sejumlah pemain bahkan dikabarkan masuk ke dalam radar calon pemain naturalisasi.

Kiprah Josue saat ini sedang menanjak setelah berhasil membawa timnya, Kuala Lumpur FC, menembus babak final inter-zona Piala AFC 2022.

Baca Juga:
Momen Cedera Paling Seram, Pesepak Bola Ini Tabrak Tembok Akibat Gagal Ngerem saat Lari

Di partai final yang akan berlangsung, Rabu (5/10/2022) ini, Kuala Lumpur FC bakal menghadapi wakil dari Uzbekistan, FC Sogdiana Jizzakh.

Lantas, siapa sebetulnya sosok Paulo Josue ini? Berikut ulasannya!

Profil Paulo Josue

Baca Juga:
Update Top Skor Kualifikasi Piala Asia U-17 2023: Arkhan Kaka Teratas, Dibayangi Andalan Australia

Sosok bernama lengkap Paulo Josué Stürmer dos Reis ini lahir pada 13 Maret 1989 di Rio Grande do Sul, Brasil. Sebagai pria kelahiran Brasil, dia sudah mengilai sepak bola sejak bocah.

Dia mengawali karier sepak bola profesionalnya bersama tim top asal Brasil, Juventude, pada 2011. Seperti kebanyakan pemain Brasil lainnya, dia lebih banyak berpindah-pindah klub lokal.

Josue sempat membela klub asal Brasil seperti Esportivo, Passo Fundo, Marcílio Dias, Lajeadense, hingga Votuporanguense.

Baca Juga:
Hasil Kualifikasi Piala Asia U-17 2023: Timnas Indonesia U-16 Hajar UEA, Australia Pesta Gol 23-0

Menilik perjalanan kariernya, kiprah Paulo Josue sebetulnya biasa-biasa saja. Namun, dia mulai mendapat sorotan dan jadi sosok penting saat membela Kuala Lumpur FC pada 2017.

Masuk pada pertengahan musim, Josue sukses mencetak 6 gol dari 9 pertandingan di Malaysia Premier League (divisi kedua Malaysia) dan membantu klub memenangkan liga serta dipromosikan ke Liga Super Malaysia.

Lantas selama dua musim berikutnya, Josue langsung menjadi sosok jenderal lapangan tengah yang tidak tergantikan untuk Kuala Lumpur City FC.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-16 Bungkam UEA, Arkhan Kaka: Kemenangan Ini Bukanlah yang Terakhir

Pada musim 2020, Josue ditunjuk sebagai kapten tim. Dengan tanggung jawab itu, dia berhasil membela Kuala Lumpur FC mengalahkan raksasa Malaysia, Johor Darul Takzim, di final Piala Malaysia 2021.

Selama kurang lebih lima musim bersama Kuala Lumpur FC, Paulo Josue total sudah melakoni 107 pertandingan lintas ajang dengan torehan 37 gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More