Kamis, 09 Februari 2023
Irwan Febri Rialdi : Senin, 26 September 2022 | 10:26 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Penjaga gawang timnas Curacao, Tyrick Bodak, menjadi salah satu sosok pemain yang mencuri perhatian saat bertanding melawan timnas Indonesia pada laga FIFA Matchday.

Sebab, dalam duel yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Sabtu (24/9/2022) itu, Tyrick Bodak tampak santai saat mengawal gawang timnas Curacao

Bahkan, setelah gawangnya kebobolan tiga gol dari serangan para pemain timnas Indonesia, Tyrick Bodak juga tak sedikit pun mengalami ketegangan di bawah mistar gawang.

Pemain ini justru terlihat santai dan rileks sembari mengunyah permen karet kendati gawangnya telah dibobol Marc Klok, Fachruddin Aryanto, dan Dimas Drajad.

Jika ditelaah lebih lanjut mengenai latar belakangnya, Tyrick merupakan sosok pemain yang memiliki rekam jejak mentereng karena berstatus sebagai anggota klub raksasa di Liga Belanda.

Profil Tyrick Bodak

Tyrick Bodak merupakan penjaga gawang yang usianya masih sangat muda. Dia tercatat lahir di Curacao pada 15 Februari 2002. Artinya, usianya baru menginjak 20 tahun.

Dari informasi yang dihimpun, Tyrick Bodak mengawali perjalanannya di dunia sepak bola bersama sejumlah akademi. Yang pertama ialah B.A.S sejak 2009 hingga 2014.

Setelah itu, dia bergeser ke SV Colmschate ’33. Di sana, dia berlatih selama rentang waktu empat tahun, mulai dari 2014 hingga 2018.

Pada tahun 2018, dia berkesempatan untuk menempa diri bersama salah satu akademi yang dimiliki oleh De Graafschap, klub profesional yang berkompetisi di Eerste Divisie alias kasta kedua Liga Belanda.

Namun, di sana kiprahnya hanya berlangsung selama setahun. Sebab, pada 2019, Tyrick Bodak mendapat kesempatan berharga untuk berkarier dengan salah satu klub raksasa di Negeri Kincir Angin, yakni PSV Eindhoven.

Kontrak profesional pertamanya bersama klub yang berbasis di Eindhoven ini diperoleh Tyrick Bodak pada 11 Agustus 2020. 

Meskipun demikian, sejauh Ini belum ada catatan pertandingan yang ditorehkan pemain berusia 20 tahun ini bersama klubnya di level senior.

Dia masih memperkuat Jong PSV yang berada di kelompok U-19. Pada ajang Preliminary Round U-19 Eredivisie, Tyrick setidaknya sudah mencatat tujuh pertandingan.

Dari semua aksinya bersama PSV Eindhoven U-19 itu, Tyrick Bodak setidaknya sudah mencatat dua cleansheet dan delapan kali kebobolan.

Di level tim nasional, pemain yang juga memiliki kewarganegaraan Belanda ini sudah menembus Curacao sejak kelompok usia junior, yakni tepatnya di U-17.

Setelah itu, dia sempat mencatat penampilan bersama timnas Curacao U-20 di bawah asuhan pelatih Raul Gonzales setelah mencatat debut pada 19 Februari 2020.

Adapun kiprahnya di level senior telah ditorehkan pertama kali pada 9 Oktober 2021. Ketika itu, Tyrick Bodak mendapat kesempatan debut bersama timnas Curacao yang diasuh oleh Patrick Kluivert.

Debutnya di level internasional itu berlangsung ketika timnas Curacao digulung Selandia Baru dengan skor 1-2. Pada laga itu, dia tampil selama 90 menit di bawah mistar gawang.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

BACA SELANJUTNYA

Tak Canggung Kembali Latih Timnas Indonesia, Indra Sjafri: Kita Lihat Saja Nanti