Husna Rahmayunita
Momen 4 Pemain Timnas Malaysia U-19 hadang pemain Korea Selatan U-19 (the-afc.com)

Bolatimes.com - Timnas Malaysia U-19 dipastikan tersingkir dari Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 setelah gagal bersaing di fase grup. Malaysia U-19 tergabung dalam Grup E bersama Mongolia, Korea Selatan dan Sri Lanka.

Tetapi, mereka gagal lolos ke Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan selepas hanya bisa bertengger di urutan ketiga klasemen Grup E.

Sepanjang babak grup, Malaysia U-19 hanya mampu menorehkan satu kemenangan, sekali imbang dan satu kekalahan. Hasilnya, sang juara Piala AFF U-19 2022 langsung tersingkir.

Pelatih Malaysia U-19 Hassan Sazali pun mengungkap penyebab kekalahan timnya. Ia menilai anak asuhnya masih kurang jam terbang di pertandingan level internasional.

Walau begitu, ia memetik banyak pelajaran usai kegagalan Malaysia U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Ia berpikiran positif anak asuhnya akan semakin berkembang ke depannya sejalan dengan kompetisi yang akan diikuti.

"Saya percaya jika kelompok pemain ini diberi kesempatan dengan pertandingan internasional serta aksi kompetitif di liga lokal, kami akan bersaing dengan tim dominan di Asia seperti Korea Selatan," ujarnya disadur dari Harian Metro, Selasa (20/9/2022).

"Jadi hal positifnya saya melihat banyak pemain berbakat yang diidentifikasi untuk kemajuan lebih lanjut menjadi pemain nasional terutama untuk skuad U-23. Kita tahu masih banyak turnamen ke depan, misalnya Sea Games 2023 dan 2025 dan Kualifikasi Olimpiade," pungkasnya.

Malaysia U-19 termasuk salah satu negara ASEAN yang harus angkat koper dari Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Baru dua tim ASEAN yang dipastikan lolos ke Piala Asia U-20 2023 yakni Timnas Indonesia U-19 dan Vietnam.

Sedangkan Thailand masih harap-harap cemas. Kini bertengger di uruta ketiga klasemen, nasib tim Gajah Putih baru bisa ditentukan Oktober usai laga pamungkas Grup G.

Load More