Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Indonesia U-19, Arkhan Fikri (kanan) berebut bola dengan pemain Timnas Myanmar U-19 dalam laga penyisihan Grup Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (10/7/2022). [ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah]

Bolatimes.com - Rival-rival Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 menuai hasil mengecewakan di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Tim-tim tersebut adalah Timnas Myanmar U-20, Filipina U-20, dan Brunei Darussalam U-20. Mereka menjadi korban pembantaian dari lawan-lawannya.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia U-19 satu grup dengan Vietnam, Thailand, Myanmar, Filipina, dan Brunei di Piala AFF U-19 2022.

Dari lima tim tersebut, tiga di antaranya berhasil dikalahkan oleh Timnas Indonesia U-19. Sementara laga dengan Thailand dan Vietnam berakhir dengan hasil imbang.

Melawan Filipina dan Myanmar, Timnas Indonesia U-19 sukses meraih kemenangan 5-1. Sementara saat melawan Brunei, Timnas Indonesia menang telak 7-0.

Hasil yang didapatkan Myanmar, Filipina, dan Brunei tidak jauh berbeda di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Dihadapkan dengan lawan yang levelnya lebih di atas, kekalahan kembali mereka rasakan.

Myanmar, misalnya. Tergabung di Grup A bersama Uzbekistan, Arab Saudi, China, dan Maladewa. Myanmar tak bisa berkutik banyak. Myanmar tumbang 1-3 dari China dan dihantam Uzbekistan 0-3. 

Selanjutnya Filipina tergabung di Grup G bersama Oman, Thailand, dan Afghanistan. Di laga perdana kualifikasi, Filipina langsung dihantam Oman 0-3.

Terakhir ada Brunei. Negara yang berada di Pulau Kalimantan ini berada di Grup J bersama tuan rumah Republik Kirgizstan, Uni Emirat Arab dan Iran.

Sebagai tim yang biasa menjadi bulan-bulanan di level ASEAN, Brunei tak berkutik dengan menelan kekalahan 0-5 dari UEA di laga perdana.

Hasil-hasil yang didapatkan ini membuat Myanmar, Brunei, dan Filipina makin sulit untuk bisa meloloskan diri ke puraran final Piala Asia U-20 2023.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More