Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Yordania U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Instagram/@afcasiancup)

Bolatimes.com - Timnas Yordania U-20 sukses menampilkan keperkasaannya seusai membabat habis Kepulauan Mariana Utara dengan skor 16-0 pada laga lanjutan Grup D Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Sebanyak 16 gol timnas Yordania U-20 pada laga ini dicetak oleh Abu Taha (5’, 22’, 37’), Kalbouneh (13’ dan 33’), Abu Hazeem (16’), Al-Shanaineh (20’), Darwish (22’), Amro (25’ dan 84’), Dayeh (44’), Al-Sheyab (65’ dan 77’), Al-Asad (81’), Abdulaziz (86’), dan Al-Mansouri (88’).

Kemenangan dengan skor telak ini mengukuhkan timnas Yordania U-20 sebagai klub yang mampu meraih margin gol tertinggi di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Untuk saat ini, Yordania U-20 berhasil menduduki puncak klasemen sementara Grup D dengan perolehan enam poin dari dua pertandingan.

Sebelumnya, timnas Yordania U-20 memang sempat meraih kemenangan pada laga perdana, yakni dengan menjegal Turkmenistan dengan skor 3-1.

Profil Yordania

Timnas Yordania U-20 merupakan klub yang berada di bawah naungan Asosiasi Sepak Bola Yordania (JFA). Kesebelasan ini mewakili Yordania dalam berbagai kompetisi atau turnamen internasional di bawah usia 20 tahun.

Timnas Yordania U-20 memang terbilang memiliki rekam jejak yang lumayan mentereng apabila menilik kiprahnya selama tampil di kejuaraan-kejuaraan bergengsi.

Misalnya, di ajang Piala Asia U-19/U-20, mereka sudah ikut berpartisipasi sejak edisi 1977 yang kala itu berlangsung di Iran.

Salah satu pencapaian terbaik timnas Yordania U-20 di ajang ini ialah sukses menembus fase semifinal Piala Asia U-20 edisi 2006 yang saat itu digelar di India.

Di fase grup, Yordania mampu tampil gemilang hingga merebut tiket ke fase delapan besar sebagai runner-up Grup A dan menumbangkan China dengan skor 2-1 di babak perempat final.

Sayangnya, Langkah mereka terhenti di semifinal ketika tumbang dari Korea Utara dengan skor tipis 0-1. Pada babak perebutan peringkat ketiga, mereka takluk dari Korea Selatan dua gol tanpa balas.

Meskipun demikian, Yordania yang mendapat peringkat keempat ini turut memperoleh satu tiket untuk mewakili Asia di ajang Piala Dunia U-20 2007.

Ajang Piala Dunia U-20 2007 yang berlangsung di Kanada ini menjadi satu-satunya momen partisipasi yang pernah dicatatkan Yordania sepanjang sejarah.

Sayangnya, satu-satunya kiprah ini justru berakhir tragis. Sebab, mereka menjadi bulan-bulanan di Grup B saat bersaing dengan Spanyol, Zambia, dan Uruguay.

Setelah sempat ditahan imbang Zambia 1-1, Yordania selanjutnya mengalami dua kekalahan beruntun ketika berjumpa Uruguay (0-1) dan Spanyol (2-4).

Dengan hasil ini, Yordania harus puas mengakhiri persaingan Grup B sebagai juru kunci klasemen akhir dengan koleksi satu poin dari tiga laga.

Pada edisi-edisi selanjutnya, Yordania U-20 memang berhasil menembus fase putaran final. Namun, sebagian besar kiprahnya hanya mentok di babak penyisihan grup.

Khusus untuk Piala Asia U-19 2012, Yordania sukses lolos ke fase gugur. Akan tetapi, langkahnya terhenti di babak perempat final.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More