Rauhanda Riyantama
Selebrasi bintang Timnas Putri Amerika Serikat, Alex Morgan saat mencetak gol ke gawang Inggris pada semifinal Piala Dunia Wanita 2019. (FRANCK FIFE / AFP)

Bolatimes.com - Berikut 5 pesepak bola wanita yang memiliki nilai transfer termahal seiring makin berkembang pesatnya sepak bola wanita saat ini.

Saat ini, sepak bola wanita telah berkembang pesat seiring perkembangan zaman. Bahkan beberapa kompetisi hadir untuk menjembatani sepak bola wanita.

Sebagai contoh ada Liga Champions wanita, Liga Inggris wanita (WSL), Piala Dunia wanita dan sederet kompetisi-kompetisi lainnya.

Baca Juga:
Pelatih Timnas Indonesia Bintangi Iklan Kocak, Netizen: Cocok Main di OVJ

Hal ini kemudian memicu jagat sepak bola wanita melakukan kebiasaan-kebiasaan yang umumnya sudah terjadi pada sepak bola pria.

Salah satunya adalah soal urusan transfer pemain. Belakangan, beberapa klub wanita berani menggelontorkan dana besar untuk membeli pemain dari klub lainnya.

Tak hanya menggelontorkan dana besar untuk transfer pemain, beberapa tim wanita juga berani memberikan bayaran besar untuk para pemain wanitanya.

Baca Juga:
Pernah Kerja Sama dengan PSSI, Gopalkrishnan A S Ramasamy Beberkan Alasan Mau Latih Timor Leste U-19

Berbicara soal transfer di sepak bola wanita, kira-kira siapakah pemain yang memegang rekor transfer pemain wanita termahal sepanjang sejarah?

Berikut Bolatimes.com sajikan 5 pemain wanita dengan biaya transfer termahal sepanjang sejarah sepak bola wanita.

5. Hanna Bennison

Baca Juga:
600 Personel Gabungan Kawal Laga Persis Solo vs Bali United di Liga 1 2022/2023

Pesepak bola wanita, Hanna Bennison. (AFP)

Hanna Bennison merupakan pesepak bola wanita asal Swedia. Ia sendiri sempat menggegerkan publik usai diboyong Everton pada 2021 lalu.

Saat itu, tim wanita Everton berani menggelontorkan dana lumayan fantastis, yakni 220 ribu euro atau setara dengan Rp3,2 miliar. Nilai ini pun membuatnya masuk dalam daftar transfer termahal sepak bola wanita.

4. Freja Siri Olofsson

Baca Juga:
Shin Tae-yong Punya Rekor Tak Pernah Kalah Lawan Pelatih Malaysia, Timnas Indonesia U-19 Berpeluang Bantai Timor Leste

Pesepak bola wanita, Freja Siri Olofsson. (AFP)

Kompatriot Bennison, Freja Siri Olofsson juga mampu menyita perhatian sepak bola wanita karena masuk dalam daftar transfer termahal.

Pada 2022 kemarin, Olofsson diboyong dengan mahar 225 ribu euro atau setara Rp3,3 miliar dari Racing Louisville untuk membela Real Madrid Femenino atau tim wanita Los Blancos.

3. Alex Morgan

Para penggawa Timnas Putri Amerika Serikat saat turut merayakan gol yang diciptakan oleh Alex Morgan ke gawang Inggris di semifinal Piala Dunia Wanita 2019. (FRANCK FIFE / AFP)

Pesepak bola cantik asal Amerika Serikat yang cukup ternama, Alex Morgan juga masuk dalam daftar transfer termahal sepanjang sejarah sepak bola wanita.

Ia masuk dalam daftar transfer ini usai ditebus oleh San Diego Wave dari Orlando Pride dengan mahar 245 ribu euro atau setara dengan Rp3,6 miliar.

2. Pernille Harder

Pesepak bola wanita, Pernille Harder. (AFP)

Di posisi kedua ada nama Pernille Harder yang merupakan penggawa tim wanita Chelsea. Dirinya merupakan andalan klub wanita milik The Blues tersebut.

Demi mendapatkan jasanya, tim wanita Chelsea bahkan harus menggelontorkan dana sebesar 350 ribu euro atau setara dengan Rp5,3 miliar dari Wolfsburg.

1. Keira Walsh

Pesepak bola wanita, Keira Walsh. (AFP)

Sedangkan transfer termahal dalam sepak wanita dipegang oleh Keira Walsh yang diboyong Barcelona dari Manchester City.

Demi mendapatkan tanda tangan pemain terbaik final Euro wanita 2022 lalu tersebut, Barcelona harus mengeluarkan uang sebesar 460 ribu euro (Rp6,9 miliar).

Besarnya angka tersebut pun membuat Keira Walsh menjadi pemain wanita termahal di dunia. Bisa saja, status itu dipecahkan oleh pemain lainnya dengan perkembangan pesat sepak bola wanita saat ini.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More