Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Serbia, Dragan Stojkovic, di UEFA Nations League 2022. (Jure Makovec/AFP)

Bolatimes.com - Perjalanan Timnas Serbia di Piala Dunia 2022 bakal dipimpin oleh Dragan Stojkovic di kursi pelatih. Ini bakal menjadi debut Stojkovic sebagai pelatih Serbia di ajang Piala Dunia.

Belum terlalu lama Stojkovic mengemban tugas ini, dia ditunjuk menjadi pelatih Serbia pada Maret 2021. Di tangannya, Serbia tampil cukup menjanjikan.

Dari tiga laga terakhir, Serbia tak tersentuh kekalahan dengan catatan dua kemenangan dan sekali imbang. Di Piala Dunia 2022 nanti, Serbia tergabung di Grup G.

Jalan Stojkovic tidak akan mudah karena bakal berhadapan dengan tim-tim kuat macam Brasil, Kamerun, dan Swiss.

Perjalanan Karier Stojkovic

Stojkovic merupakan salah satu mantan pemain Timnas Yugoslavia (sebelum terpecah dan menjadi Serbia). Dia bermain dari tahun 1981 hingga 2001.

Setelah pensiun sebagai pemain di klub Jepang, Nagoya Grampus, Stojkovic tidak langsung berkecimpung di dunia kepelatihan.

Dia justru terjun ke bidang manajerial dengan menjadi Presiden Federasi Sepak Bola Serbia pada 2001. Dia juga masuk ke dalam komite FIFA.

Dia baru menjalani karier sebagai pelatih pada 2008 dengan menangani eks klubnya, Nagoya Grampus. Cukup lama Stojkovic di sana, total dia menghabiskan lima musim dari 2008 hingga 2013.

Setelah menganggur selama 2 tahun, Stojkovic menjadi pelatih dari tim Liga China, Guangzhou R&F pada 2015. Total dia menghabiskan 5 musim di sana dan pergi pada Januari 2020.

Stojkovic kembali menganggur selama sekitar 1 tahun sebelum ditunjuk menjadi pelatih kepala Timnas Serbia pada 3 Maret 2021.

Prestasi Stojkovic

Dari segi prestasi, Stojkovic terbilang bukan pelatih yang bergelimang gelar, berbeda saat dia aktif menjadi pemain. Satu-satunya kesuksesan sebagai pelatih diraih saat melatih Nagoya Grampus.

Selama 5 musim di sana, Stojkovic berhasil mempersembahkan satu gelar J1 League dan 1 trofi Piala Super Jepang.

Profil Dragan Stojkovic

Nama: Dragan Stojkovic

Tanggal Lahir: 3 Maret 1965

Tempat Lahir: Nis, SR Serbia, Yugoslavia

Usia: 57 tahun

Kewarganegaraan: Serbia

Karier sebagai Pelatih:

Pelatih di Nagoya Grampus - (2008-2013)

Pelatih di Guangzhou R&F - (2015-2020)

Pelatih di Timnas Serbia - (2021 - sekarang).

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More