Rauhanda Riyantama
Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney saat sama-sama membela Manchester United (Paul Ellis/AFP)

Bolatimes.com - Dalam dunia sepak bola, posisi penyerang sejatinya memiliki postur tubuh ideal termasuk tinggi, meskipun pada kenyataan pemain mungil justru moncer menjadi striker mematikan.

Postur tinggi biasanya diperlukan para striker ketika melakukan duel-duel bola atas, khususnya ketika akan menyambut umpan silang maupun sepak pojok.

Namun bagaimana jika pemain berposisi striker ini tak memiliki tinggi ideal dan justru cenderung mungil alias pendek, jika dilogika akan sulit rasanya untuk bersaing.

Baca Juga:
4 Pemain yang Ikuti Jejak Sang Ayah Dipanggil Timnas Indonesia

Meskipun pada kenyataannya ada sederet pemain mungil berposisi sebagai striker dan menuai kesuksesan di balik kekurangan yang dimiliki.

Lantas siapa saja para pemain tersebut? berikut deretan pemain yang berpostur kecil namun sukses menjelma sebaagai striker top Eropa.

1. Sebastian Giovinco

Baca Juga:
Profil Eduardo Almeida, Pelatih Asal Portugal yang Diistirahatkan Arema FC

Pemain Timnas Italia Sebastian Giovinco saat melawan Irlandia di ajang EURO 2012 (AFP)

Namanya menanjak saat bermain untuk Juventus, Sebastian Giovinco saat ini sudah menginjak usia yang ke-35 tahun.

Banyak penggemar sepak bola mengingat namanya bukan karena torehan menawan saat bermain untuk Juventus, namun karena postur tingginya.

Giovinco hanya memiliki tiggi sekitar 164 cm sebagai seorang striker, meski begitu di level klub ia mampu menorehkan 148 gol.

Baca Juga:
5 Langgangan Timnas Indonesia yang Berpotensi Tak Dipanggil Shin Tae-yong Lawan Curacao

Dua di antaranya terlahir lewat sundulan, mengingat posturnya tak terlalu tinggi namun kelincahan dari sang pemain tak diragukan lagi.

2. Dries Mertens

Dries Mertens (AFP/CARLO HERMANN)

Tinggi pemain asal Belgia ini hanya 169 cm dan termasuk salah satu striker terpendek di dunia, meskipun hal itu tak membuat ia hilang ketajaman.

Baca Juga:
Pelatih Vietnam Ketar-ketir Usai Timnas U-19 Mereka Ditahan Imbang Palestina: Belum Buat Kemajuan Besar

Mertens merupakan salah satu striker top Eropa, selama bermain untuk Napoli hingga sekarang sudah mencatat 246 gol dengan hanya 7 gol dari sundulan.

Meski kalah dalam urusan postur tinggi, Mertens dikaruniai kekuatan dalam kaki kanan mematikan yang dimiliki.

3. Wayne Rooney

Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo saat masih bersama membela Manchester United (Andrew Yates/AFP)

Wayne Rooney merupakan nama yang melegenda bersama Everton, Manchester United dan timnas Inggris dengan hanya memiliki tinggi 176 cm.

Meski begitu, Rooney sukses mencetak 312 dengan 41 kali di antaranya tercipta lewat sundulan meski postur tingginya terbilang pendek.

Rooney merupakan tipe penyerang yang kerap memborong gol lewat sepakan kaki kanan, eksekusi mati dan salto indah saat menyambut umpan dari rekan setimnya.

Kontributor: Eko
Load More