Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Kamerun merayakan kemenangan atas Burkina Faso dan menjadi juara tiga Piala Afrika 2021. (KENZO TRIBOUILLARD / AFP)

Bolatimes.com - Berikut profil Timnas Kamerun jelang partisipasinya di ajang bergengsi di dunia sepak bola, yakni Piala Dunia 2022 Qatar.

Timnas Kamerun merupakan salah satu dari 32 tim keseluruhan dan salah satu dari 6 tim Afrika yang akan berlaga di Piala Dunia 2022.

Untuk Piala Dunia 2022 ini, tim nasional berjuluk Indomitable Lions ini akan tergabung di grup G bersama Brasil, Serbia, dan Swiss.

Baca Juga:
Profil Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Menanti Tuah Sang Finalis

Melihat komposisi tim di grup G tersebut, bisa dikatakan Timnas Kamerun akan menjadi bulan-bulanan oleh tim lainnya.

Maklum saja, secara peringkat FIFA dan status, Timnas Kamerun masih kalah dari Brasil, Serbia, maupun Swiss.

Meski demikian, Timnas Kamerun tak hanya ingin menjadi bulan-bulanan di grup G nanti. Apalagi jika melihat sejarah Indomitable Lions di Piala Dunia.

Baca Juga:
Persib Bandung Hajar RANS Nusantara FC, Rachmat Irianto: Cukup Senangnya sampai di Sini

Timnas Kamerun punya kiprah apik sebagai tim Afrika pertama yang mampu menembus babak perempat final Piala Dunia 1990 silam.

Kiprah ini pun akan coba diulangi oleh Timnas Kamerun di Piala Dunia 2022 nanti, meski dikepung oleh tim-tim kuat di grup G.

Bagaimana kans Timnas Kamerun di Piala Dunia 2022 nanti? Untuk menjawabnya, ada baiknya melihat komposisi Indomitable Lions baik secara tim dan kiprahnya di ajang ini.

Baca Juga:
Rekam Jejak Arthur Irawan yang Ngamuk Diteriaki Out oleh Suporter Persik Kediri

Kiprah Timnas Kamerun di Piala Dunia

Timnas Kamerun punya rekam jejak mentereng di Piala Dunia, dengan menjadi tim Afrika pertama yang berhasil menembus perempat final.

Selain itu, Kamerun juga merupakan tim Afrika yang paling banyak lolos ke putaran final. Termasuk Piala Dunia 2022 ini, Indomitable Lions telah lolos sebanyak 8 kali sejak 1982.

Baca Juga:
Marko Simic Gabung Klub Serbia FK Radnicki Kragujevac, Begini Reaksi Marc Klok

Kiprah apik tersebut dibarengi dengan pencapaian Kamerun kala menjadi Runner Up Piala Konfederasi FIFA pada 2003 silam.

Secara keseluruhan, Kamerun telah melakoni 95 laga di babak Kualifikasi Piala Dunia, dengan catatan 57 kemenangan, 23 hasil imbang, dan 15 kekalahan.

3 Pemain Kunci

Kehebatan Timnas Kamerun di Piala Dunia tak lepas dari kiprah para pemainnya yang kerap merantau dan bermain di liga top Eropa.

Untuk Piala Dunia 2022 ini, Timnas Kamerun diprediksi akan mengandalkan para pemainnya yang berkiprah di Eropa, yakni Andre-Frank Zambo Anguissa, Karl Toko Ekambi, dan Vincent Aboubakar.

Andre-Frank Zambo Anguissa saat ini merupakan pilar andalan Napoli. Sedangkan Karl Toko Ekambi merupakan penyerang andalan Olympique Lyon.

Di sisi lain ada nama Vincent Aboubakar yang merupakan top skor Piala Afrika 2021 lalu sekaligus kapten Timnas Kamerun saat ini.

Pelatih: Rigobert Song

Untuk Piala Dunia 2022 ini, Kamerun akan mengandalkan pemain legendarisnya sekaligus pemegang caps terbanyaknya sebagai pelatih, yakni Rigobert Song.

Rigobert Song sendiri baru menjabat sebagai pelatih kepala Kamerun per Maret 2022 lalu. Sejauh ini dirinya telah tiga kali memimpin Indomitable Lions dengan catatan 2 kemenangan dan 1 kekalahan.

Meski baru seumur jagung, pengalaman Rigobert Song sebagai pemain tak bisa diindahkan begitu saja bersama Kamerun.

Tercatat, ia telah tampil di 4 edisi Piala Dunia bersama Kamerun. Karenanya, pengalaman dan taktiknya nanti diharapkan bisa ditularkan pada Piala Dunia 2022.

Daftar Pemain (per 9 Juni 2022)

Kiper:

Andre Onana
Simon Omossola
Devus Epassy

Bek:

Christopher Wooh
Michael Ngadeu-Ngadjui
Ambroise Oyongo
Nouhou Tolo
Olivier Mbaizo
Collins Fai
Jean-Charles Castelletto
Enzo Abosse
Jerome Onguene

Gelandang:

Andre-Frank Zambo Anguissa
Pierre Kunde
Gael Ondoua
Olivier Ntcham
Martin Hongla
James Lea Siliki
Jean Onana
Yvan Neyou

Penyerang:

Vincent Aboubakar
Karl Toko Ekambi
Eric Maxim Choupo-Moting
Ignatius Ganago
Kevin Soni
Moumi Ngamaleu
Clinton N’Jie
Christian Bassogog
Stephane Bahoken

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More