Husna Rahmayunita
Para pemain Timnas Polandia berselebrasi usai memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022. (Janek Skarzynski/AFP)

Bolatimes.com - Timnas Polandia lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar dengan cara yang cukup unik. Mereka lolos karena Rusia mendapat hukuman dari FIFA.

Ya, seharusnya Polandia menghadapi Rusia pada babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2022. Polandia finis di peringkat 2 Grup I.

Mereka menghadapi Rusia yang menjadi runner-up Grup H. Namun, laga yang harusnya berlangsung itu tidak jadi digelar setelah Rusia mendapat sanksi dari FIFA buntut perang Rusia-Ukraina.

Tim berjuluk The Eagles lolos dengan cara yang cukup menarik, Polandia punya misi menembus kegagalan di Euro 2020 pada Piala Dunia 2022 nanti.

Polandia gagal total di Euro 2020 karena cuma finis sebagai juru kunci di Grup E. Di Piala Dunia 2022 nanti, Polandia tergabung di grup kompetitif.

Pada Piala Dunia 2022 di Qatar yang berlangsung 21 November hingga 18 Desember mendatang, Polandia masuk ke Grup C bersama Argentina, Arab Saudi, dan Meksiko.

Adapun, ini menjadi kali ke-9 Polandia lolos ke putaran final Piala Dunia. Prestasi Polandia di ajang terbesar sepak bola di dunia ini tidak terlalu mentereng.

Terlebih pada satu dekade ke belakang, Polandia sempat gagal lolos ke Piala Dunia 2010 dan 2014. Polandia juga cuma sampai di fase grup pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Prestasi terbaik Polandia di Piala Dunia adalah menempati peringkat ketiga di edisi 1974 dan 1982. 

Timnas Polandia akan mengawali kiprah pada Piala Dunia 2022 dengan melawan Meksiko pada matchday pertama Grup C. Pertandingan tersebut bakal digelar di Stadion 974, Doha, pada 22 November 2022. 

Pelatih dan Pemain Andalan

Untuk meraih prestasi terbaik di Piala Dunia 2022 kali ini, Polandia masih akan bergantung pada pemain-pemain kunci yaitu Robert Lewandowski.

Penyerang yang baru pindah ke Barcelona itu tampil sudah menjadi andalan Polandia dalam beberapa tahun terakhir di lini depan.

Selain Lewandowski, Polandia juga akan berharap pada tenaga gelandang milik Napoli, Piotr Zielinski. Dia sudah mengantongi 72 caps dengan torehan 9 gol bagi Polandia.

Di lini belakang, Polandia juga akan berharap banyak pada performa kiper Juventus dan eks Arsenal, Wojciech Szczesny. Kiper berusia 31 tahun itu selalu jadi piihan utama Polandia.

 Polandia akan dipimpin oleh Czeslaw Michniewicz di kursi pelatih. Dia baru ditunjuk sebagai pelatih Polandia pada Januari 2022 kemarin dan dikontrak hingga akhir Desember mendatang.

Dengan durasi kontrak yang tak panjang itu, Piala Dunia 2022 menjadi satu-satunya ajang pembuktian bagi Michniewicz.

Adapun, berikut daftar pemain Polandia:

Kiper

Lukasz Fabianski (West Ham)

Lukasz Skorupski (Bologna)

Wojciech Szczesny (Juventus)

Bek

Jan Bednarek (Southampton)

Bartosz Bereszynski (Sampdoria)

Pawel Dawidowia Verona)

Kamil Glik (Benevento)

Michal Helik (Barnsley)

Tomasz Kedziora (Lech Poznan)

Kamil Piatkowski (RB Salzburg)

Tymoteusz Puchacz (Trabzonspor)

Maciej Rybus (Lok. Moscow)

Gelandang

Przemyslaw Frankowski (Lens)

Kamil Jozwiak (Charlotte FC)

Mat Klich (Leeds)

Kacper Kozlowski (Union St Gilloise)

Grzegorz Krychowiak (AEK Athens)

Karol Linetty (Torino)

Jakub Moder (Brighton)

Przemyslaw Placheta (Norwich)

Piotr Zielinski (Napoli)

Penyerang

Dawid Kownacki (Bayernzdowski)

Arkadi (Lech Poznan)

Milik (Marseille)

Karol Swiderski (Charlotte FC)

Jakub Swierczok (Nagoya Grampus)

Load More