Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto
Timnas Nepal. (Dok.The-anfa.com)

Bolatimes.com - Timnas Nepal dikenai sanksi oleh AFC setelah sempat dibantai Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni lalu.

Pada Kualifikasi Piala Asia 2023, Nepal dikalahkan oleh anak asuh Shin Tae-yong dengan skor telak 7-0.

Kemenangan itu membawa timnas Indonesia berhasil lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Sedangkan, Nepal malah harus mendapatkan denda karena bikin masalah saat dibantai skuad Garuda.

Menyadur dari laporan Online Khabar pada Rabu (31/8/2022), AFC memberikan denda kepada Asosiasi Sepak Bola Nepal (ANFA) sebesar 7.000 dolar AS karena melanggar kode etik saat menghadapi Indonesia.

AFC mendenda ANFA sebesar 6.000 dolar AS setelah pelatih Abdullah Al Mutairi dikabarkan masuk ke ruang ganti tim sebelum pertandingan mulai. Sebab, pelatih itu menerima skor.

Kemudian ANFA juga dikenakan denda lanjutan sebesar 1.000 dolar AS. Hal itu karena mereka terlambat masuk lapangan, sehingga kick off laga melawan timnas Indonesia harus mundur.

Nah, ANFA sendiri harus membayar 25 persen dari total denda yang diberikan terhadapnya dalam 90 hari. Sisanya mereka dapat membayarnya dalam jangka waktu dua tahun.

Selain itu, ANFA juga diperingatkan jika mengulangi pelanggaran yang sama. Maka mereka berpotensi mendapatkan sanksi yang lebih besar.

Adapun timnas Indonesia sendiri berhasil lolos ke Piala Asia 2023 dengan status runner up terbaik. Di grup yang sama, Yordania juga otomatis lolos karena jadi pemimpin klasemen.

Load More