Husna Rahmayunita
Pemain Viktoria Plzen di UEFA Europe League. (AFP/Denis Lovrovic)

Bolatimes.com - Berikut profil Viktoria Plzen, tim asal Republik Ceko yang terbilang malang karena harus tergabung di grup neraka Liga Champions 2022/2023.

Viktoria Plzen bisa dikatakan tim yang paling apes di drawing Liga Champions 2022/2023. Sebab, mereka harus tergabung di grup neraka.

Dalam drawing Liga Champions 2022/2023 yang digelar di Istanbul, Turki, Kamis (25/8) waktu setempat, Viktoria Plzen yang berada di Pot 4, mendapat undian yang nahas.

Tim yang pernah dibela penyerang Persija Jakarta, Michael Krmencik itu harus tergabung di grup C bersama raksasa Eropa lainnya.

Viktoria Plzen tergabung di grup C berama jawara-jawara Liga Champions seperti Bayern Munich, Barcelona, dan Inter Milan.

Parahnya lagi, undian ini bukanlah sesuatu yang disyukuri bagi Viktoria Plzen. Sebab, mereka harus melewati jalan terjal untuk masuk ke babak grup Liga Champions 2022/2023.

Berbeda dengan tim lainnya yang langsung lolos ke babak grup, Viktoria Plzen harus melewati tiga babak, yakni Kualifikasi Kedua, Kualifikasi Ketiga, dan Playoff, sebelum masuk undian.

Tak disangka, jalan terjal ini berakhir nestapa bagi mereka yang harus tergabung di grup berat bersama Bayern Munchen, Barcelona, dan Inter Milan.

Maka tak mengherankan jika para pemain Viktoria Plzen tak menunjukkan ekspresi bahagia saat menonton langsung Drawing Liga Champions 2022/2023 baru-baru ini.

Lantas, seperti apa profil Viktoria Plzen?

Klub Tua Republik Ceko

Viktoria Plzen merupakan klub asal Republik Ceko yang telah berdiri sejak 111 tahun silam. Klub ini sendiri berdiri pada 11 Juni 1911.

Tak disangka, klub ini didirikan oleh seorang pejabat di industri kereta api negara bernama Jaroslav Ausobsky, yang diminta untuk mengurus klub sepak bola di daerah Plzen.

Selama 18 tahun awal berdirinya klub ini, Viktoria Plzen berstatus tim amatir. Hingga akhirnya pada 1929, diadakan pertemuan antara petinggi klub yang berujung pada kesepakatan masuk ke kancah profesional.

Usai sepakat masuk kancah profesional, Viktoria Plzen pun mulai menggeliat dan berhasil promosi ke kasta teratas di musim keduanya sebagai klub profesional.

Kiprah Viktoria Plzen di masa lampau pun tak berjalan mulus. Klub ini harus merasakan naik turun kasta di sepak bola Ceko.

Barulah di era 90 an Viktoria Plzen mengalami kebangkitan hingga musim-musim berikutnya. Hal ini tak lepas dari kedatangan investor asing ke tubuh klub.

Alhasil, Viktoria Plzen pun berhasil meraup kesuksesan, terutama di era 2000 an. Salah satunya adalah menjuarai Liga Ceko sebanyak 6 kali sejak 2010.

Sedangkan kiprah Viktoria Plzen di Eropa tak sementereng di kancah domestik. Tercatat, klub ini baru tampil di Liga Champions sebanyak 5 musim saja.

Langkah Viktoria Plzen di Liga Champions pun tergolong tak mulus. Sebab, mereka lebih banyak terhenti di fase grup.

Terakhir kali Viktoria Plzen tampil di Liga Champions terjadi pada musim 2018/2019 silam, saat berada di grup G bersama Real Madrid, AS Roma, dan CSKA Moscow.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More