Rauhanda Riyantama
Aksi gelandang Manchester United, Donny van de Beek (kiri) saat berebut bola dengan pemain West Ham dalam laga putaran ketiga Piala Liga Inggris di Old Trafford, Kamis (23/9/2021) dini hari WIB. (Oli SCARFF / AFP)

Bolatimes.com - Panggung Ballon d'Or menjadi ajang bagi para pesepak bola terbaik dunia, meski begitu tak sedikit para pemain yang masuk nominasi adalah nama-nama yang tak terduga.

Ballon d'Or bukan hanya ajang persaingan bagi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, tetapi juga banyak pemain lain bahkan dengan nama-nama tak terduga.

Dalam 10 tahun ke belekangan, persaingan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi memang tak bisa ditampik dengan raihan gelar keduanya.

Baca Juga:
Tak Anggap Persija Jakarta Superior, RD Fokus Benahi Kekurangan RANS Nusantara FC Jelang Duel

Meski begitu, ajang ini tak hanya menjadi persaingan kedua pemain tersebut, berikut setidaknya 10 pemain tak terduga yang masuk nominasi Ballon d'Or.

1. Tomas Rosicky - 2002

Gelandang Arsenal Tomas Rosicky (kedua kiri) merayakan golnya ke gawang Everton. Reuters / Tony O'Brien Livepic

Terkenal sebagai legenda Arsenal, Tomas Rosicky lebih dulu menggebrak bersama Borussia Dortmund di tahun 2002.

Baca Juga:
Federasi Sepak Bola India Dibekukan FIFA, PSM Makassar Berpotensi Lolos ke Final AFC Cup 2022 Inter-zona

Pemain asal Republik Ceko ini masuk nominasi Ballon d'Or pada tahun tersebut sempat membuat gempar Bundesliga karena itu meskipun tak satu pun mendapat suara.

2. Seol Ki-hyeon - 2002

Penampilan luar biasa Ki-hyeon bersama timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2002 membuat namanya masuk nominasi Ballon d'Or di tahun yang sama.

Baca Juga:
Media Vietnam Soroti Rencana PSSI Berikan Vitamin Peninggi Badan untuk Pemain Timnas U-16

Meskipun pada akhirnya, nasib Ki-hyeon sama dengan Rosicky tak mendapat satu pun suara dalam nominasi ajang tersebut.

3. El Hadji Diouf - 2002

El Hadji Diouf saat main bersama Timnas Senegal. (AFP)

Penampilannya bersama Senegal hingga mencapai semifinal Piala Dunia 2002 membuat El Hadji Diouf berhasil masuk nominasi Ballon d'Or di tahun tersebut.

Baca Juga:
Kenapa Manchester United Kekeh Pertahankan Cristiano Ronaldo?

Sebelum itu jasanya lebih dulu diamankan Liverpool dan keberhasilannya itu membuat Hadji Diouf mendapat dua poin dalam nominasi.

4. Tim Cahill - 2006

Kerennya Tim Cahill bersama timnas Australia di Piala Dunia 2006, bahkan catatan golnya melampaui torehan Inzaghi, Drogba, Raul dan Nistelrooy.

Catatan mentereng itu berhasil membuat nama Tim Cahill masuk di nominasi Ballon d'Or pada tahun 2006.

5. Yuri Zhirkov - 2008

Yuri Zhirkov saat memperkuat Chelsea. (Ed Jones / AFP)

Torehan menarik Zhirkov ada di tahun 2008, kala itu pemain ini sukses membawa negaranya, Rusia melangkah ke semifinal Euro 2008.

Selain menjadi tumpuan CSKA Moskow, kemampuan Yuri Zhirkov juga membuatnya masuk dalam nominasi peraih Ballon d'Or.

6. Asamoah Gyan - 2010

Torehan mentereng Asamoah Gyan tak hanya bersama klubnya saat itu di Liga Inggris, Sunderland tetapi juga membawa negaranya berbicara banyak di Piala Dunia 2010.

Asamoah Gyan sukses membawa timnas Ghana melaju ke babak perempat final dan langkah mereka terhenti setelah kalah dari Uruguay.

7. Mario Balotelli - 2012

Mario Balotelli saat berseragam Liverpool. (AFP)

Prestasi sudah ditorehkan Balotelli saat usianya masih muda, pemain asal Italia ini sukses meraih Golden Boy di tahun 2010.

Catatan impresif Balotelli membuat sang pemain berhasil menempati peringkat ke-23 di ajang Ballon d'Or tahun 2012.

8. Rui Patricio - 2016

Kiper juga menunjukkan kualitas terbaik di dalam permainan, bahkan bisa menjadi penentu kemenangan dalam sebuah pertandingan.

Rui Patricio sukses masuk dalam nominasi Ballon d'Or tahun 2016, hal ini tak lepas dari kesuksesannya membawa Portugal melaju ke final Euro 2006 dan keluar sebagai juara.

9. Dimitry Payet - 2016

Dimitri Payet/Instagram

Penampilannya saat bermain untuk West Ham tak bisa dipungkiri menarik banyak perhatian Eropa, tak cukup sampai di situ.

Payet juga sukses membawa Prancis melaju ke final Euro 2016, meski gagal meraih gelar juara namun namanya berhasil menempati peringkat ke-17 nominasi Ballon d'Or.

10. Donny van de Beek - 2019

Performa terbaik Van de Beek muncul saat masih bermain untuk Ajax Amsterdam, karena itu pula namanya masuk ke nominasi Ballon d'Or 2019.

Ia sukses mengantar Ajax ke semifinal Liga Champions 2019, namanya masuk di peringkat ke-28 terendah dan tanpa mengumpulkan satu poin pun.

Kontributor: Eko
Load More