Husna Rahmayunita
Selebrasi para pemain Timnas Vietnam U-16 usai mengalahkan Thailand. (Twitter/@AFFPresse)

Bolatimes.com - Berikut profil dari Vietnam U-16, tim yang akan menjadi lawan Timnas Indonesia U-16 di partai final Piala AFF U-16 2022.

Timnas Indonesia U-16 akan kembali bersua Vietnam U-16 di laga final Piala AFF U-16 2022 yang akan berlangsung pada Jumat (12/8).

Kedua tim dari grup A tersebut mampu menembus partai final usai mengalahkan lawan-lawannya di fase semifinal, yakni Thailand dan Myanmar, Rabu (10/8).

Vietnam yang berhadapan dengan Thailand terlebih dahulu, mampu meraih kemenangan 2-0 atas rivalnya tersebut.

Adapun dua gol dari Vietnam dicetak oleh Nguyen Cong Phuong di menit ke-30 dan Nguyen Trong Tuan di menit ke-83.

Keberhasilan Vietnam ini kemudian diikuti Timnas Indonesia U-16 yang berhasil menumbangkan Myanmar. Bedanya, tim Merah Putih mampu meraih kemenangan lewat drama adu penalti.

Hal ini terjadi usai kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal. Di drama adu penalti, Timnas Indonesia U-16 mampu meraih kemenangan 5-4 atas Myanmar.

Pertemuan dengan Vietnam pun akan menjadi pertemuan kedua bagi Timnas Indonesia U-16 di gelaran Piala AFF U-16 2022 ini.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-16 mampu meraih kemenangan 2-1 atas Vietnam di laga terakhir grup A beberapa waktu lalu.

Meski begitu, kemenangan atas Vietnam di laga pamungkas grup A pun tak menjadi patokan bagi Timnas Indonesia U-16 yang berhasrat ingin meraih gelar.

Apalagi Vietnam memiliki sejarah apik, sederet pemain tangguh dan pelatih mumpuni, yang bisa membuat Timnas Indonesia U-16 terluka.

Kiprah Vietnam U-16

Timnas Indonesia U-16 wajib waspada di pertemuan keduanya dengan Vietnam pada partai final Piala AFF U-16 2022.

Sebab, Vietnam punya kiprah apik di ajang ini. Dalam 13 kali kesertaannya, mereka mampu menjuarai ajang ini sebanyak tiga kali.

Torehan itu terbilang apik ketimbang Timnas Indonesia U-16 yang tercatat baru menjuarai ajang ini sebanyak sekali saja, yakni pada 2018 lalu.

Dengan kiprah apik tersebut, Vietnam pun bisa saja memberikan luka bagi Timnas Indonesia U-16, jika hanya berpatokan pada pertemuan di grup A beberapa waktu lalu

Pelatih Vietnam U-16

Di Piala AFF U-16 2022 ini, Vietnam -U-16 ditukangi oleh Nguyen Quoc Tuan sebagai pelatih. Ia sendiri tergolong pelatih berpengalaman.

Tercatat, Nguyen Quoc Tuan pernah menukangi Vietnam U-22 sebagai pelatih interim pada 2019 silam, sebelum akhirnya menukangi Vietnam U-16 pada Juni 2022 lalu.

Dalam melatih Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan dibantu oleh mantan penggawa Timnas Vietnam, yakni Hoang Anh Tuan.

Di tangan keduanya, Vietnam U-16 mampu tampil apik, dengan mencetak 13 gol dan kebobolan tiga gol saja sepanjang Piala AFF U-16 2022, di mana dua gol di antaranya didapat kala melawan Timnas Indonesia U-16.

Daftar Pemain Vietnam U-16

Kiper:

- Pham Dinh Hai
- Do Quyen Anh
- Ton That Gia Dat

Bek:

- Vin Dinh Thuong
- Khuc Trung Hieu
- Nguyen Huu Trong
- Nguyen Luong Tuan Khai
- Le Nguyen Quoc Kien
- Le Thang Long
- Nguyen Minh Tuan

Gelandang:

- Nguyen Cong Phuong
- Nguyen Xuan Toan
- Le Dinh Long Vu
- Le Van Thuan
- Nguyen Trong Tuan
- Le Duc Phat
- Hoang Cong Hau
- Nguyen Trung Nguyen
- Bui Quoc Duy

Penyerang:

- Bui Hong Song
- Phan Thanh Duc Thien
- Huynh Van Danh
- Vo Tuan Phong

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More