Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Malaysia U-16 keturunan Indonesia, Mulia Sugeharto. (Instagram/@_muliahairi)

Bolatimes.com - Piala AFF U-16 2022 banyak menghadirkan kejutan, tak terkecuali aksi pemain keturunan Indonesia yang justru memilih bermain untuk negara lain, lagi-lagi Malaysia mendapatkannya.

Pemain keturunan Indonesia yang bermain untuk negara lain, dalam hal ini Malaysia memang sudah bukan hal yang asing lagi bagi dunia sepak bola Asia Tenggara.

Selain rivalitas di atas lapangan, kondisi keduanya juga berada dalam hubungan yang sangat unik dan kali ini muncul di Piala AFF U-16 2022.

Baca Juga:
Klasemen Akhir Grup A Piala AFF U-16 2022: Indonesia Juara Grup, Lolos ke Semifinal

Siapa sangka jika salah satu pemain timnas U-16 Malaysia merupakan sosok yang memiliki keturunan Indonesia, dialah Mulia Sugeharto.

Bernama lengkap Mulia Hairi bin Mulia Sugeharto, sosoknya tengah menjadi perbincangan hangat karena namanya yang sangat identik dengan nama orang Indonesia.

Dugaan bahwa sang pemain memiliki keturunan Indonesia ini dikonfirmasi oleh Instruktur Timnas U-16 Malaysia, Osmera Omaro yang menyebut Mulia memiliki ayah dari Indonesia.

Baca Juga:
Takluk Lawan Timnas Indonesia U-16, Pelatih Vietnam Tuduh Wasit Tak Adil

Meski begitu, Mulia lahir dan besar di Malaysia dan karier sepak bola dimulai saat bergabung dengan akademi sepak bola Academy Mokthtar Dahari (AMD).

Lantas siapa saja para pemain keturunan Indonesia yang kini bermain untuk Malaysia? satu pemain lagi merupakan langganan timnas Harimau Malaya, adalah Mahali Jasuli.

Mahali Jasuli merupakan salah satu pemain andalan timnas Malaysia dan pernah membuat Indonesia gigit jari sebanyak dua kali.

Baca Juga:
Hasil Liga Prancis: Lionel Messi Borong Dua Gol, PSG Hajar Clermornt 5-0 di Pekan Perdana

Final Piala AFF 2010 dan partai puncak SEA Games 2011, Mahali Jasuli menjelma sebagai momok menakutkan para pemain Indonesia saat itu.

Jasuli memiliki keturunan Indonesia dari orang tuanya, Jazuli dan Masyura yang berasal dari Pulau Bawean, Gresik, pekerjaan kedua orang tuanya di Malaysia membuatnya mendapat kewarganegaraan Malaysia.

Baca Juga:
Tottenham dan Chelsea Kompak Menang, Berikut Klasemen Terbaru Liga Inggris

Kontributor: Eko
Load More