Rauhanda Riyantama
Penyerang Paris Saint-Germain, Neymar. (LIONEL BONAVENTURE / AFP)

Bolatimes.com - Berikut lima pemain dengan akumulasi nilai transfer atau akumulasi harga transfer tertinggi dalam sejarah sepak bola.

Saat ini jagat sepak bola Eropa tengah disibukkan dengan aktivitas bursa transfer. Aktivitas bursa transfer ini pada umumnya dilakukan untuk membeli atau menjual pemain.

Aktivitas jual beli pemain ini dilakukan untuk merombak komposisi suatu tim. Maka tak mengherankan jika beberapa klub mau menggelontorkan dana besar demi memboyong satu pemain saja.

Baca Juga:
Daftar Juara Euro Wanita, Inggris Raih Gelar Pertama

Sebagai contoh ada Real Madrid yang belum lama ini mendatangkan bakat muda dari Prancis bernama Aurelien Tchouameni.

Los Blancos mendatangkan Tchouameni dari AS Monaco dengan nilai transfer mencapai 100 juta euro.

Nilai ini sama dengan total dana yang dikeluarkan Liverpool untuk memboyong penyerang haus gol pada sosok Darwin Nunez.

Baca Juga:
Yoshimi Yamashita, Wasit Wanita Asal Jepang Pertama yang Bertugas di Piala Dunia 2022

Sejauh ini, dua pemain tersebut menjadi pemain termahal yang didatangkan di bursa transfer musim panas 2022 ini.

Meski didatangkan dengan dana besar hingga ratusan juta euro, Tchouameni dan Darwin Nunez tak serta merta masuk dalam daftar pemain dengan akumulasi nilai transfer termahal sepanjang sejarah.

Setidaknya, ada lima pemain dengan akumulasi nilai transfer terbesar sepanjang sejarah sepak bola hingga artikel ini dibuat.

Baca Juga:
Tak Ada dari Indonesia, Berikut 5 Ganda Putri Terlama yang Tempati Ranking 1 Dunia

Kira-kira, siapa saja pemain tersebut?

5. Philippe Coutinho

Penampilan Philippe Coutinho saat dipinjamkan Barcelona ke West Ham United. (OLI SCARFF / AFP)

Pemain yang baru dipermanenkan oleh Aston Villa ini menjadi salah satu pemain dengan akumulasi nilai transfer termahal di jagat sepak bola.

Baca Juga:
Hasil Piala AFF U-16 2022: Mengejutkan, Myanmar Bungkam Australia 3-2

Jika nilai transfernya dihitung sejak pertama kali ia berganti klub, maka akumulasi nilai transfer Coutinho mencapai 180 juta euro atau Rp2,7 triliun.

4. Alvaro Morata

Alvaro Morata diam-diam juga punya akumulasi nilai transfer yang fantastis. Jika nilai transfernya dijumlah, transfernya sendiri sudah menghabiskan 189 juta euro (Rp2,8 triliun).

Besarnya jumlah nilai transfer Morata kebanyakan didapat dari mahar besar yang dikeluarkan sebuah klub, yakni Chelsea pada 2017 lalu dengan 60 juta euro, serta beberapa nilai transfer dengan status pinjaman.

3. Cristiano Ronaldo

Aksi Cristiano Ronaldo saat Manchester United ditahan imbang Southampton 1-1 di ajang Liga Inggris. (OLI SCARFF / AFP)

Tak bisa dipungkiri, Cristiano Ronaldo memiliki daya tarik tersendiri sehingga setiap klub yang ingin memboyongnya harus mengeluarkan dana besar.

Jika dihitung sejak transfernya pertama kali dari Sporting CP ke Manchester United hingga Juventus ke Manchester United, maka nilai transfer CR7 telah menyentuh angka 245 juta euro (Rp3,7 triliun).

2. Neymar

Dalam karier sepak bolanya, Neymar memang baru berganti klub sebanyak tiga kali saja, yakni Santos, Barcelona dan Paris Saint-Germain.

Meski begitu, total biaya kepindahannya menyentuh angka 310 juta euro (Rp4,7 triliun). Besarnya angka ini disumbangkan oleh PSG yang menebus klausul rilisnya sebesar 222 juta euro pada 2017 silam.

1. Romelu Lukaku

Selebrasi penyerang Chelsea, Romelu Lukaku usai bobol gawang Brighton & Hove Albion dalam lanjutan Liga Inggris. (GLYN KIRK / AFP)

Untuk pemain dengan jumlah biaya transfer termahal sejagat, dipegang oleh penyerang Chelsea yang kini dipinjamkan ke Inter Milan, Romelu Lukaku.

Sejak berkarier di kancah profesional, nilai transfer Lukaku menyentuh angka 333,5 juta euro (Rp5 triliun). Chelsea dan Manchester United menjadi dua tim yang paling memberikan sumbangsih besar terhadap besarnya jumlah transfer pemain berkebangsaan Belgia itu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More