Rauhanda Riyantama
Wasit wanita asal Jepang, Yoshimi Yamashita. (AFP)

Bolatimes.com - Yoshimi Yamashita bakal menjadi warna tersendiri pada gelaran Piala Dunia 2022 Qatar. Pasalnya sosoknya menjadi wasit wanita profesional pertama asal Jepang untuk pesta sepak bola terbesar.

Debut profesional Yoshimi Yamashita di Liga Jepang atau J-League baru dimulai pada Senin (1/8/2022) setelah sebelumnya terpilih mentas di Piala Dunia 2022 Qatar akhir tahun ini.

Tak sendiri, Yoshimi Yamashita juga ditemani Stephanie Frappart dari Prancis dan Salima Mukansanga dari Rwanda sebagai ofisial di Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga:
Hasil Piala AFF U-16 2022: Mengejutkan, Myanmar Bungkam Australia 3-2

Saat ini Yamashita terikat kontrak dengan Asosiasi Sepak Bola Jepang, namun hari pertamanya bekerja dihabiskan untuk memberi pemahaman kepada anak-anak sekolah.

Yamashita mendapat peran baru, kurang dari satu tahun setelah Jepang resmi meluncurkan kompetisi profesional liga sepak bola wanita pertama WE League.

Kualitas memimpin pertandingan sudah tak diragukan lagi, karena itu juga Yamashita terpilih sebagai wasit yang memimpin laga di Liga Champions Asia.

Baca Juga:
Mental Pemain Timnas Indonesia U-16 Masih Naik Turun, Bima Sakti Siap Jadi Tempat Curhat

Dilansir dari laman resmi AFC, Yamashita memiliki target tersendiri dengan menekuni kariernya sebagai wasit sepak bola dan saat ini hanyalah awal baginya.

Sebuah tantangan tersendiri bagi Yamashita di era sekarang, di mana kerap kali peran perempuan dikesampingkan termasuk dalam dunia olahraga.

Namun kehadirannya di Piala Dunia 2022 bersama dua rekannya yang tergabung dalam 36 wasit untuk ajang tersebut bisa merubah stigma terhadap perempuan dalam dunia olahraga, khususnya sepak bola.

Baca Juga:
Gercep, Chelsea Tikung Manchester City demi Boyong Marc Cucurella

"Tujuannya adalah untuk mencapai titik di mana bukan masalah besar bahwa seorang wanita menjadi wasit pertandingan pria, tetapi pada tahap ini saya senang ini membuat percikan," ucap Yamashita.

"Itu adalah sesuatu yang selalu dapat Anda tingkatkan, permainan apa pun yang Anda wasit. Bahkan jika tindakan itu terjadi dengan kecepatan yang memusingkan.''

"Apabila Anda dapat meningkatkan kecepatan pengambilan keputusan Anda, Anda dapat membuat setiap keputusan dengan jelas," imbuhnya.

Baca Juga:
Ryo Matsumura, Winger asal Jepang yang Dikaitkan dengan Persis Solo

Kontributor: Eko
Load More