Rauhanda Riyantama
Selebrasi Cristiano Ronaldo usai cetak gol ke gawang Ajax Amsterdam. Dalam laga leg pertama perempat final Liga Champions, Kamis (11/4/2019) dini hari tadi, Juventus bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah Ajax Amsterdam. [JOHN THYS / AFP]

Bolatimes.com - Bursa transfer musim panas 2022 masih berlangsung, deretan pemain berusia lebih dari 30 tahun justru dibanderol dengan nilai mahal.

Usia bisa memberi dampak besar terhadap performa pesepak bola, apalagi yang berkompetisi di kasta tertinggi sepak bola Eropa.

Namun faktor usia sepertinya tak berlaku untuk deretan pemain papan atas yang sudah memiliki nama besar di kancah sepak bola dunia.

Baca Juga:
Link Live Streaming PSM Makassar vs Bali United, Kick Off 16.00 WIB

Hal itu tak memengaruhi banderol mereka jika terdapat klub lain yang berminat memboyong atau menggunakan jasa para pemain ini.

Selain karena para pemain ini mampu menjaga kondisi kebugaran, hingga membuat performa mereka ketika bertanding tetap terjaga dengan baik.

Lantas siapa saja para pemain berusia lebih dari 30 tahun yang banderol harganya masih masuk dalam kategori mahal? berikut di antaranya.

Baca Juga:
Profil Nottingham Forest, Klub Legendaris yang Promosi ke Liga Inggris Musim 2022/2023

1. Leonardo Bonucci (42 Juta Euro)

Aksi Leonardo Bonucci pada pertandingan melawan Genoa. (Marco Bertorello/AFP).

Berstatus sebagai salah satu bek terbaik di dunia, Bonucci sempat membela beberapa tim papan atas Liga Italia dengan mengusung cara bermain bek modern.

Berabung dengan Juventus pada tahun 2010 setelah bermain untuk Inter Mian, Treviso, Piso dan Bari, tak butuh waktu lama baginya memberi gelar juara.

Baca Juga:
Opening Ceremony ASEAN Para Games 2022 Dibuka untuk Umum, INASPOC Sediakan 7.000 Tiket

Di tahun 2017 Bonucci secara mengejutkan setelah memutuskan hengkang dan bergabung dengan AC Milan dengan biaya transfer 42 juta euro atau sekitar Rp635 miliar.

Bonucci saat itu berusia 30 tahun namun karena itu membuat sang pemain menyandang status pemain termahal sepanjang masa AC Milan.

2. Paulinho (42 Juta Euro)

Baca Juga:
ASEAN Para Games 2022: Menpora Pastikan Persiapan Opening Ceremony Rampung

Banyak yang tak menyangka jika Paulinho ditebus dengan harga selangit oleh klub asal China, Guangzhou Evergrande.

Sebelumnya Barcelona membeli Paulinho dari klub tersebut dengan mahar 40 juta euro, hingga pada musim 2018-2019 sang pemain kembali ke China dengan status pinjaman.

Dan pada 4 Januari 2019, Guangzhou mengambil keputusan mengejutkan dengan mempermanenkan pemain asal Brasil yang saat itu berusia 30 tahun.

Klub trsebut berani menebus Paulinho yang saat itu bermain untuk Barcelona dengan mahar 42 juta euro atau sekitar Rp635 miliar.

3. Robert Lewandowski (45 Juta Euro)

Aksi penyerang Barcelona, Robert Lewandowski saat laga uji coba melawan Real Madrid di pramusim. (AFP)

Proses transfernya sempat menjadi perdebatan panjang, namun Robert Lewandowski akhirnya juga pergi dari Bayern Muenchen dan bergabung Barcelona.

Bermodal catatan 50 gol dan 7 assist dalam 46 penampilan di semua kompetisi musim lalu, pemain berusia 33 tahun itu ditebus dengan harga mahal Barcelona.

Setidaknya Barca butuh Rp680 miliar atau sekitar 45 juta euro untuk membuat Lewandowski merapat ke Camp Nou di musim ini.

4. Miralem Pjanic (60 Juta Euro)

Kepindahan Pjanic dari Juventus ke Barcelona juga mengundang banyak tanya, raksasa Catalan berani mengeluarkan 60 juta euro atau sekitar Rp907 miliar untuknya.

Padahal saat itu usia Pjanic sudah memasuki angka 30 tahun, hingga berujung peminjaman ke Besiktas pada musim 2020-2021.

Satu musim selanjutnya Pjanic kembali, namun statusnya tak jelas setelah dinilai tak masuk dalam skema permainan Xavi Hernandez.

5. Cristiano Ronaldo (117 Juta Euro)

Selebrasi Cristiano Ronaldo dan kolega usai mengalahkan Parma 2-0. (MARCO BERTORELLO / AFP)

Kepergian Cristiano Ronaldo dari Real Madrid tentu merupakan hal yang mengejutkan, apalagi statusnya adalah seorang bintang klub.

Namun biaya yang dikeluarkan untuk menebus Ronaldo saat itu dinilai sama sekali tak masuk akal, mengingat usianya yang sudah 33 tahun.

Juventus rela mengeluarkan 117 juta euro atau sekitar Rp1,7 triliun, hingga proses transfernya berjalan sesuai rencana dan menjadi pemain dengan usia lebih dari 30 tahun termahal yang ada.

Kontributor: Eko
Load More