Kamis, 06 Oktober 2022
Rauhanda Riyantama : Kamis, 21 Juli 2022 | 17:53 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Sepak bola Eropa tengah dikejutkan dengan beberapa transfer gratis tak masuk akal, sederet pemain berlabel bintang pergi dari klub besar tanpa sepeser pun uang.

Pemain bisa pergi dengan gratis dari klub setelah masa kontraknya habis dan kedua belah pihak sepakat tidak memperbaharui kontrak tersebut.

Di sisi lain, klub lainnya mengajukan negosiasi dengan pihak pemain untuk merekrut dan jika ada kesepakatan maka transfer gratis bisa berjalan.

Keuntungan bagi tim yang berminat, mendapatkan pemain gratis tanpa harus keluar dana sebagai biaya pembelian terhadap tim pemain itu sebelumnya.

Di era saat ini beberapa klub top Eropa memanfaatkan kondisi ini untuk menggaet para pemain bintang secara gratis, setelah kontrak mereka habis dan tidak diperbaharui.

Lantas siapa saja para pemain tersebut? berikut deretan pemain yang masuk daftar transfer gratis paling fenomenal saat ini.

1. Gianluigi Donnarumma (PSG)

Kiper PSG, Gianluigi Donnarumma. (FRANCK FIFE / AFP)

Didatangkan dari AC Milan di musim panas lalu, Gianluigi Donnarumma merupakan salah satu pemain di skuat super Paris Saint-Germain (PSG).

PSG memboyongnya secara gratis, padahal Donnarumma saat itu memiliki nilai mencapai 60 juta euro atau sekitar Rp907 miliar.

Meski performanya diragukan banyak pihak karena sering melakukan blunder, nyatanya Donnarumma masih tetap menjadi andalan PSG.

Transfernya ke PSG juga menjadi salah satu paling fenomenal, mengingat saat itu sang pemain sedang dalam masa kejayaannya sebagai kiper.

2. Paul Pogba (Juventus)

Paul Pogba memiliki nilai pasar Rp726 miliar, Manchester United bisa saja mendapatkan keuntungan melimpah andai bisa menjualnya saat kontraknya masih menyisakan dua atau satu tahun.

Namun hal itu harus pupus, setelah Pogba angkat kaki dari Old Trafford tepat saat kontraknya dengan Setan Merah berakhir di tahun ini.

Juventus sebagai tim peminat jasa sang pemain diberi keuntungan saat mendatangkannya dengan status bebas transfer, padahal di tahun 2016 Man United membelinya dengan harga mahal.

Saat itu Pogba didatangkan daru Juventus dengan banderol yang memecahkan rekor pembelian pemain klub, senilai 105 juta euro atau sekitar Rp1,6 triliun.

3. David Alaba (Real Madrid)

Bek Real Madrid, David Alaba. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Bergabung Bayern Munich sejak di tim U-19, sosok David Alaba tentu bisa dibilang sebagai salah satu legenda monster Bundesliga ini.

Kontraknya berakhir di tahun 2021 bersama tim senior Bayern Muenchen, padahal nilai jual sang pemain mencapai 55 juta euro atau sekitar Rp832 miliar.

Namun karena kontraknya tak diperpanjang, Alaba pergi dari Allianz Arena dengan status bebas transfer, beruntung Real Madrid gerak cepat mengamankan jasanya.

Alaba dinilai sebagai pemain yang sukses menggantikan peran Sergio Ramos yang memilih hengkang dan pergi ke Paris Saint-Germain.

4. Lionel Messi (PSG)

Siapa sangka Lionel Messi akan pergi dari Barcelona? dan siapa yang menyangka pula La Pulga meninggalkan Camp Nou dengan gratis.

Meskipun momen ini terjadi di awal musim 2021-2022, beruntungnya Paris Saint-Germain (PSG) mendapatkan jasa sang pemain secara gratis.

Padahal saat itu Messi memiliki nilai jual 80 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun, pemain asal Argentina itu kini menjadi pelengkap trio PSG, bersama Neymar dan Kylian Mbappe.

Kontributor: Eko

BACA SELANJUTNYA

Klub Top Liga Inggris Ramai-ramai Ucapkan Bela Sungkawa Atas Insiden Maut di Stadion Kanjuruhan, Ada Manchester United