Rauhanda Riyantama
Skuat Timnas U-19 Indonesia di Piala AFF U-19 2018.

Bolatimes.com - Dalam hitungan hari Piala AFF U-19 2022 segera digelar Indonesia, sederet fakta menarik turnamen ini pernah menjadi perdebatan penikmat sepak bola ASEAN.

Penikmat sepak bola Tanah Air mulai bersiap mengingat Piala AFF U-19 2022 digelar di Jakarta dan Bekasi, dimulai pada 2 Juli 2022 dan final pada 15 Juli 2022.

Berstatus sebagai tuan rumah, timnas Indonesia U-19 tergabung dalam grup A bersama Vietnam, Myanmar, Thailand, Brunei dan Filipina.

Baca Juga:
Promosikan Produk Skincare Lokal, Instagram Ronaldinho Digeruduk Netizen Indonesia

Terdapat setidaknya beberapa fakta menarik ajang ini, di mana Indonesia baru sekali meraih kejayaan saat menjadi tuan rumah di tahun 2013.

Berikut beberapa fakta menarik seputar Piala AFF U-19 yang kembali digelar di Jakarta dan tinggal menghitung hari untuk digelar.

Raja ASEAN

Baca Juga:
5 Alasan Proses Naturalisasi Jordi Amat Harus Dilanjutkan meski Gabung JDT

Sama seperti kualitasnya dengan timnas senior, Thailand merupakan raja Piala AFF U-19 dengan torehan lima gelar juara.

Namun Thailand harus berbagi gelar dengan Australia, tim muda Socceroos juga memiliki lima gelar juara dan bahkan peraih gelar di edisi terakhir pada 2019 lalu.

Bukan hal mengejutkan mengingat Australia merupakan salah satu anggota AFF dan memiliki hak turut serta dalam turnamen ini.

Baca Juga:
Sejarah Piala Indonesia, Turnamen yang Lama Vakum Kini Resmi Digulirkan Lagi

Sementara tidak untuk level senior, sehingga Australia senior tak pernah terlihat di Piala AFF level senior.

Tim Undangan

Turnamen Piala AFF U-19 juga pernah dimeriahkan beberapa tim dari luar ASEAN, di mulai dari tahun 2012 saat itu Iran dan Uzbekistan yang diundang untuk bermain.

Baca Juga:
Jonatan Christie Beberkan Kunci Tumbangkan Kenta Nishimoto di Malaysia Open 2022

Kemudian, China dan Jepang yang menjadi tim undangan Piala AFF U-19 edisi 2014, timnas Negeri Samurai Biru bahkan sukses memetik gelar juara di tahun itu.

Kontributor: Eko Isdiyanto
Load More