Irwan Febri Rialdi
Nguyen Quang Hai gabung klub Prancis Pau FC. (dok.paufc.fr)

Bolatimes.com - Kabar baik datang dari sepak bola Vietnam. Salah satu pemain bintang mereka, Nguyen Quang Hai, resmi bergabung dengan klub asal Prancis, Pau FC.

Pau FC resmi mengenalkan Nguyen Quang Hai sebagai rekrutan baru melalui laman resminya, Rabu (29/6/2022). Nguyen Quang Hai menandatangani kontrak selama dua musim dan dia akan mengenakan jersey bernomor punggung 19.

Pemain yang bisa beroperasi sebagai winger atau gelandang serang ini sebelumnya memperkuat Hanoi FC. Dia sudah berada di sana sejak 2006, dimulai dari tim akademi.

Setelah lebih dari 15 tahun kebersamaan, Nguyen Quang Hai memutuskan melanjutkan petualangannya ke tanah Eropa. Ini jelas kemajuan karier buat pemain berusia 25 tahun tersebut.

Lantas, bagaimana latar belakang Pau FC sendiri? Berikut ulasan profilnya!

Profil Pau FC

Pau Football Club termasuk salah satu klub lama di Prancis. Cikal bakal terbentuknya klub ini sudah lahir sejak 1920 dengan nama Bleuets Notre-Dama de Pau dan baru resmi terbentuk pada 1959.

Mereka merangkak dari bawah dengan mengikuti kompetisi amatir di Prancis pada awal-awal kemunculan. Klub ini bahkan sempat mengalami kebangkrutan.

Akhirnya seorang pebisnis lokal, Jose Bidegain, kembali membangun ulang klub ini. Dalam perjalanannya Pau FC tidak memiliki kandang dan bermain berpindah-pindah lapangan.

Akhirnya mereka memiliki markas sendiri, yaitu Nouste Camp, yang kini memiliki kapasitas sekitar 4 ribu orang. Kini mereka dimiliki oleh Bernard Laporte-Fray.

Pada 1995, Pau FC mulai berbenah secara manajemen klub dan mulai menuju profesional. Mereka kemudian menjuarai National 2 atau divisi keempat pada 1998.

Mereka sempat kembali terpuruk dengan turun ke divisi kelima atau divisi amatir pada 2008. Namun, perlahan mereka kembali bangkit dan promosi ke divisi ketiga atau Championnat National pada 2016.

Perjuangan mereka membuahkan hasil dengan berhasil promosi ke Ligue 2 atau divisi kedua di sepak bola Prancis pada 2020.

Pada musim perdananya di Ligue 2, Pau FC cuma menduduki peringkat ke-14 dari 20 tim. Prestasi mereka meningkat di musim 2021/22 dengan finis di peringkat ke-10.

Saat ini klub yang berjuluk Les Maynats ini dilatih oleh pelatih asal Prancis, Didier Tholot. 

Adapun, menilik skuad yang dimiliki oleh Pau FC sejauh ini sebelum Ligue 2 bergulir pada 30 Juli mendatang, mereka mendatangkan Nguyen Quang Hai yang merupakan pemain Asia satu-satunya di tim.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More