Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto
Pelatih Thailand, Alexandre Poling. (Instagram/changsuek)

Bolatimes.com - Beredar rumor Timnas Thailand akan menggunakan jasa pelatih Korea Selatan seperti yang dilakukan Timnas Indonesia, Malaysia dan Vietnam. Juru taktik Thailand, Alexandre Polking pun angkat bicara.

Pelatih asal Korea Selatan menjadi andalan negara-negara ASEAN. Sebut saja Vietnam yang menggandeng Park Hang-seo hingga menjuarai beragam kompetisi.

Kemudian timnas Indonesia merekrut Shin Tae-yong. Malaysia pun ikut mengontrak pelatih asal Korea Selatan Kim Pan-gon dan berhasil membawa Harimau Malaya lolos ke Piala Asia 2023.

Dikutip dari TheThao247, Thailand disebut akan mengikuti jejak tiga negara ASEAN yang sudah menggunakan jasa pelatih asal Korea Selatan.

Menariknya, pelatih asal Korea Selatan yang diincar Thailand ini akan digunakan sebagai pengganti Alexandre Polking selaku pelatih kepala timnas Thailand.

Pelatih Timnas Thailand Alexandre Polking (kanan) memberi isyarat di samping pelatih Vietnam Park Hang-seo saat pertandingan leg kedua semifinal sepak bola Piala Suzuki AFF 2020 antara Vietnam dan Thailand di Stadion Nasional di Singapura pada 26 Desember 2021. Roslan RAHMAN / AFP

Karena itu Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) mempertimbangkan untuk menunjuk Yoon Deok Yeo. Nah, kini Alexandre Polking pun buka suara.

Baru-baru ini, pelatih keturunan Jerman-Brasil tersebut telah bertemu dengan FAT. Ia mendapatkan kabar baik karena bakal diberikan kepercayaan.

"Itu adalah pertemuan baik yang penting. Kami akan punya banyak waktu untuk mendapatkan tim terbaik (di Piala AFF)," ucap Alexandre Polking usai bertemu dengan Sekjen FAT, Patit Supaphong dan CEO Liga Thailand, Korrawee Pritsananantakul disadur dari Bangkok Post pada Kamis (23/6/2022).

Liga Thailand musim depan bakal menyesuaikan jadwal dengan kepentingan timnas. Hal itu karena Gajah Perang bakal tampil di Piala Asia 2023.

"Waktu penting bagi tim untuk bermain di kompetisi tingkat tinggi. Setiap pelatih menginginkan pemain terbaik. Ini tidak mudah karena kami juga harus membantu klub," ucapnya.

Alexandre Polking juga mengatakan Thailand akan fokus untuk mempertahankan gelar di Piala AFF 2022. Target akan susah karena pastinya Gajah Perang bakal mendapatkan tekanan.

"Target kami adalah mempertahankan gelar. Tapi kami akan mendapatkan tekanan karena kami adalah juara bertahan Kami semua berharap bisa tampil bagus, tapi itu tak akan mudah," lanjutnya.

Thailand sendiri menjadi juara Piala AFF 2020 lalu setelah mengalahkan timnas Indonesia di babak final. Gajah Perang menjadi juara usai menang agregat 6-2 dari skuad Garuda.

Load More