Husna Rahmayunita
Timnas Kamerun. (AFP)

Bolatimes.com - Sebanyak 44 pemain Kamerun terlibat dugaan pemalsuan umur dan identitas. Federasi Sepak Bola Kamerun mengambil tindakan dengan memanggil terduga pelaku.

Para pelaku berasal dari delapan klub. Mereka harus didampingi oleh presiden klubnya masing-masing untuk penyelidikan yang digelar mulai 4 sampai 8 Juli.

Semuanya diduga melakukan pemalsuan (umur dan atau identitas) dan kecurangan, kata federasi sepak bola Kamerun dalam pernyataannya.

"Para pihak terkait diundang untuk hadir, dibantu atau tidak oleh penasihat hukum mereka, untuk pemeriksaan mereka," tambah pernyataan itu seraya menyatakan mereka yang tidak hadir akan menghadapi akibatnya.

Sidang itu merupakan upaya yang jarang terjadi di Afrika dalam menghentikan pemalsuan umur atau penipuan identitas, yang terus menjadi sumber keprihatinan utama sepak bola di benua itu.

Tuduhan kecurangan sering dilakukan dan banyak keberhasilan Afrika dalam turnamen junior internasional diselimuti oleh tuduhan penggunaan pemain di atas usia seharusnya. Masalahnya langkah untuk menyelidiki atau menghentikannya terlalu sedikit.

Presiden federasi Kamerun Samuel Eto'o yang mantan striker Kamerun, Barcelona dan Inter Milan, menjanjikan reformasi dalam dunia sepak bola di negara Afrika tengah itu saat terpilih Desember tahun lalu, demikian dimuat Antara.

Load More