Rauhanda Riyantama
Kiper Liverpool, Alisson Becker saat melawan Napoli pada babak grup Liga Champions 2018 (12/12/2018) (AFP)

Bolatimes.com - Kiper memang tidak banyak mendapat sorotan seperti halnya pemain-pemain di posisi lain, ambil contoh gelandang atau seorang penyerang.

Meski begitu, kehadiran kiper berkualitas nyatanya bisa menjadi faktor yang sangat penting bagi sebuah tim untuk meraih prestasi. 

Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa nama kiper terbaik di Eropa sepanjang musim 2021/22. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

Baca Juga:
5 Penyerang Top yang Gagal Setelah Gabung Liverpool, Ada Mario Balotelli

1. Kevin Trapp

Kiper Paris Saint Germain, Kevin Trapp. [RONNY HARTMANN / AFP]

Kevin Trapp merupakan salah satu sosok penting di balik keberhasilan Eintracht Frankfurt dalam meraih gelar Liga Europa 2021/22.

Dia menepis tendangan penalti Aaron Ramsey dalam babak adu tos-tosan yang membuat Frankfurt meraih kemenangan. Total Kevin Trapp tampil 46 kali di semua ajang dengan catatan 7 clean sheet.

Baca Juga:
Jadwal Piala Presiden 2022 Hari Ini: PSM Makassar vs Persik Kediri, Persikabo 1973 vs Arema FC

2. Ederson Moraes

Keberhasilan Manchester City meraih gelar juara Liga Inggris 2021/22 tidak terlepas dari peranan Ederson. Kiper asal Brasil itu mencatatkan 20 clean sheet dan membuat 60 penyelamatan musim lalu.

Ederson pun berhak atas penghargaan Sarung Tangan Emas Liga Inggris yang membuatnya meraih hattrick gelar ini setelah di dua tahun sebelumnya meraihnya secara beruntun.

Baca Juga:
Kronologis Tewasnya Dua Bobotoh saat Nonton Persib Bandung vs Persebaya Surabaya di Piala Presiden 2022

3. Mike Maignan

Kiper AC Milan, Mike Maignan. (AFP)

Didatangkan dari Lille, Maignan menjadi faktor penting keberhasilan AC Milan meraih Scudetto 2021/22. Ini mengakhiri penantian Rossoneri selama 11 tahun.

Sepanjang Liga Italia 2021/22, Maignan mencatatakn 17 clean sheet dengan persentase penyelamatan mencapai 81,2%. Kiper asal Prancis itu menorehkan total 81 penyelamatan.

Baca Juga:
Miris! Sudah 78 Suporter Meninggal Sejak Liga Indonesia 1994, Terbaru Dua Bobotoh

4. Alisson Becker

Meski gagal membawa Liverpool meraih gelar Liga Inggris musim lalu, Alisson tetap merupakan salah satu kiper dengan penampilan terbaik di Eropa.

Kiper berkebangsaan Brasil tersebut mencatatkan 76 penyelamatan di Liga Inggris dan menorehkan 20 clean sheet. Alisson juga membawa The Reds meraih gelar Piala FA dan Piala Liga.

5. Thibaut Courtois

Penjaga gawang Real Madrid Belgia Thibaut Courtois mengangkat trofi Liga Champions setelah kemenangan Madrid dalam pertandingan sepak bola final Liga Champions UEFA antara Liverpool dan Real Madrid di Stade de France di Saint-Denis, utara Paris, pada 28 Mei 2022. Paul ELLIS/AFP

Kiper asal Belgia ini tampil begitu impresif bersama Real Madrid sepanjang musim 2021/22. Dia membuat 88 penyelamatan di Liga Spanyol musim lalu dan membawa El Real meraih gelar Liga Spanyol ke-35 mereka.

Tak hanya itu, Courtois mencatatkan 56 penyelamatan dari 13 pertandingan Liga Champions musim lalu. Dia tampil gemilang lawan Liverpool di laga final dan membawa Madrid menjuarai Liga Champions ke-14 mereka.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Load More