Husna Rahmayunita
Eks pelatih Timnas Kuwait, Vitezslav Lavicka. (AFP)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia adalah ancaman bagi pelatih tim-tim kuat meski terkadang dipandang remeh, tak sedikit yang dipecat timnya usai menelan kekalahan dari skuat Garuda.

Siapa sangka jika pelatih tim-tim kuat Asia pernah menjadi korban keganasan timnas Indonesia, meskipun tidak terlalu diekspos secara besar-besaran.

Dalam perjalanan menuju Piala Asia 2023, sejumlah pelatih tim ternama dibuat anak asuh Shin Tae-yong tak berdaya dengan kekalahan.

Dan kekalahan itu berujung dengan pemecatan, lantas siapa saja pelatih yang dipecat timnya usai menelan kekalahan dari timnas Indonesia? berikut di antaranya.

1. Damien Hertog (Timnas Arab Saudi U-19)

Hasil imbang di laga uji coba di Kroasia melawan Indonesia membuat posisi Damien Hertog akhirnya tergusur.

Arab Saudi menyianyiakan kunggulan 3-0 hingga imbang 3-3, hasil ini didapat setelah menelan kekalahan 2-3 dari Bulgaria dan 3-4 dari Kroasia.

Rangkaian hasil buruk itu membuat Arab Saudi memecat Hertog, melalui laman resmi Arab Saudi kabar tersebut diumumkan.

2. Tan Cheng Hoe (Timnas Malaysia)

Pelatih timnas Malaysia Tan Cheng Hoe saat menggelar latihan di lapangan A, Senayan, Jakarta, jelang menghadapi timnas Indonesia, Selasa (3/9/2019). [Suara.com/ Adie Prasetyo Nugraha].

Gagal lolos dari fase grup Piala AFF 2020 membuat timnas Malaysia malu, hingga keputusan besar diambil Tan Cheng Hoe untuk undur diri dari jabatannya.

Keputusan itu diambil setelah kekalahan besar Malaysia dari timnas Indonesia, Tan Cheng Hoe menyianyiakan kesempatan dengan kekalahan besar 1-4.

3. Tatsuma Yoshida (Timnas Singapura)

Pelatih Timnas Singapura, Tatsuma Yoshida. (Dok. FA Singapura)

Sempat menjadi tembok besar di semifinal Piala AFF 2020, Tatsuma Yoshida harus menanggung beban besar usai kalah dari timnas Indonesia.

Hasil itu membuat Singapura gagal lolos ke final Piala AFF 2020, dan beberapa hari setelah itu juru taktik asal Jepang itu memilih mundur.

Kini sang pelatih berkarier bersama klub kasta kedua Liga Jepang, Vontrofer Kofu.

4. Vitezslav Lavicka (Timnas Kuwait)

Pelatih Timnas Kuwait Vitezslav Lavicka. (AFP/Piotr Nowak)

Kegagalan Kuwait melangkah ke putaran final Piala Asia 2023 membuat satu orang penting di tim terkena imbas negatifnya.

Salah satu alasan Kuwait gagal lolos adalah kekalahan dari Indonesia dengan skor 1-2 di fase grup, padahal status mereka sebagai tuan rumah di fase kualifikasi.

Hal itu membuat manajemen timnas Kuwait meradang, hingga akhirnya Vitezsslav Lavicka selaku pelatih dipecat.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Load More