Rauhanda Riyantama
Jose Mourinho sukses juarai Liga Konferensi bersama AS Roma. (Gent Shkullaku / AFP)

Bolatimes.com - Berikut deretan pelatih terbaik asal Portugal di dunia sepak bola saat ini yang mampu menorehkan prestasi apik bagi tim yang dilatihnya.

Portugal merupakan sebuah negara yang kerap melahirkan banyak figur-figur ternama di dunia sepak bola sejak dahulu hingga saat ini.

Di setiap generasinya, Portugal selalu melahirkan seorang figur yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia sepak bola. Sebut saja Eusebio, Rui Costa, Luis Figo, hingga kini Cristiano Ronaldo.

Baca Juga:
Profil Pujan Uperkoti, Kapten Timnas Nepal yang Pukul Kepala Saddil Ramdani

Nama terakhir bahkan mendapat label mumpuni, yakni salah satu pemain terbaik sepanjang masa berkat raihan lima Ballon d'Or nya.

Tak hanya melahirkan banyak pemain berbakat, Portugal juga kerap melahirkan pelatih-pelatih hebat yang banyak dipercaya menukangi sebuah kesebelasan.

Para pelatih asal Portugal tersebut saat ini bahkan tersebar di seluruh dunia, termasuk dipercaya menukangi klub-klub Indonesia.

Baca Juga:
Viral Aksi Shin Tae-yong Joget-joget usai Bawa Timnas Indonesia Tampil di Piala Asia 2023

Namun dari sekian banyak pelatih asal Portugal, mungkin hanya ada segelintir saja yang punya label terbaik di dunia saat ini.

Lantas, siapa saja pelatih terbaik asal Portugal saat ini? Berikut daftarnya.

1. Jose Mourinho

Baca Juga:
Tampil di Piala Asia 2023, Shin Tae-yong Tebar Ancaman bakal Bikin Timnas Indonesia Lebih Kuat

Jose Mourinho sukses juarai Conference League bersama AS Roma. (Gent Shkullaku / AFP)

Tak ada yang menafikan status Jose Mourinho sebagai salah satu pelatih terbaik sepanjang masa. Bisa dikatakan, ia adalah pelatih terbaik sepanjang masa sepak bola Portugal.

Mourinho mendapat label tersebut karena kiprahnya, yang berangkat dari seorang penerjemah, hingga menjadi pelatih jempolan saat ini.

Dalam perjalanannya sebagai pelatih, pria yang berjuluk The Special One ini tercatat telah meraih 34 gelar bergengsi seperti yang dilansir dari Transfermarkt.

Baca Juga:
Gagal Total di Indonesia Open 2022, Begini Curhat Pilu Kento Momota

Bahkan karena kiprahnya tersebut, Mourinho tercatat pernah mendapat gelar individu yakni pelatih terbaik dunia sebanyak empat kali, yakni pada 2003, 2004, 2009, dan 2011.

2. Fernando Santos

Fernando Santos/Twitter

Nama Fernando Santos dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik yang dilahirkan Portugal berkat kiprahnya bersama tim nasional.

Pria berusia 67 tahun ini dianggap sebagai yang terbaik, karena mampu mempersembahkan gelar bagi tim nasional Portugal.

Di tangannya, Portugal mampu meraih gelar perdana di level internasional, yakni Euro 2016 yang kemudian disusul oleh gelar UEFA Nations League 2018/2019.

Tak hanya moncer di level tim nasional, Fernando Santos juga moncer di level klub dengan membawa tim seperti FC Porto dan AEK Athens menjadi juara di kancah domestik.

3. Andre Villas-Boas

Andre Villas-Boas saat jadi pelatih Marseille. (AFP)

Andre Villas-Boas merupakan pelatih muda kenamaan Portugal, yang dulunya merupakan anak didik Jose Mourinho di FC Porto, Chelsea, dan Inter Milan.

Setelah berpisah dengan Mourinho, Villas-Boas menjalani karier kepelatihannya sendiri, dengan menukangi FC Porto di usia yang baru 33 tahun.

Tak disangka, ia berhasil membawa FC Porto meraih Treble Winner, yakni dua gelar domestik dan satu gelar Liga Europa di musim 2010/2011.

Kiprahnya membawanya ke Chelsea, kemudian ke Tottenham Hotspur, ke Zenit St Petersburg, Shanghai SIPG, hingga Olympique Marseille.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Load More