Rauhanda Riyantama
Potret Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman dan Pratama Arhan saat Timnas Indonesia hajar Nepal 7-0 di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia 2023 dengan menduduki posisi dua runner up terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023. Skuat Garuda di bawah Kirgiztan yang unggul selisih poin.

Hasil ini didapat setelah Timnas Indonesia melumat Nepal 7-0 di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. Kemenangan itu membuat Asnawi Mangkusalam cs finis di urutan kedua klasemen Grup A dengan koleksi enam poin +7 selisih gol.

Sementara status juara Grup A disabet Yordania yang mengoleksi sembilan poin berkat kemenangan telak 3-0 atas Kuwait di matchday terakhirnya.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023, Klub Elkan Baggott Beri Selamat

Kemenangan telak atas Nepal membuat timnas Indonesia tak hanya berhasil finis sebagai salah satu dari lima runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023.

Lebih dari itu, pasukan Shin Tae-yong bahkan mengakhiri kualifikasi ini sebagai wakil Asia Tenggara (AFF) terbaik.

Di klasemen akhir runner-up terbaik, timnas Indonesia menduduki posisi kedua dan hanya kalah dari Kyrgyzstan yang mengoleksi tujuh poin +3 selisih gol.

Baca Juga:
Klasemen Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Temani Yordania Lolos ke Putaran Final

Sementara dengan tiga wakil Asia Tenggara lainnya yakni Malaysia, Thailand, dan Filipina, timnas Indonesia lebih superior.

Timnas Malaysia finis ketiga dengan koleksi enam poin +4 selisih gol diikuti Thailand dengan enam poin +3 gol.

Sementara Filipina harus rela tersingkir karena berada di posisi keenam klasemen runner-up terbaik karena cuma mengoleksi empat poin dan -3 selisih gol.

Baca Juga:
Lolos, Ini Jadi Penampilan Kelima Timnas Indonesia di Piala Asia

Hasil ini membuat timnas Indonesia mencatatkan sejarah. Untuk kali pertama dalam 16 tahun atau sejak 2007, skuad Garuda akhirnya mampu kembali ke panggung Asia.

Berikut klasemen akhir runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023

Klasemen akhir runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023. [FlashScore/AFC]

Baca Juga:
Bantai Nepal 7-0, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Load More