Irwan Febri Rialdi
Para pemain Wales merayakan keberhasilan masuk putaran final Piala Dunia 2022 setelah dalam final playoff zona Eropa mengalahkan Ukraina di Cardiff City Stadium, Cardiff, Wales, Inggris, 5 Juni 2022. (ANTARA/REUTERS/REBECCA NADEN)

Bolatimes.com - Wales bikin sejarah! Untuk pertama kali sejak 64 tahun lalu, Timnas Wales bakal tampil di putara Piala Dunia.

Kepastian ini didapatkan oleh Wales usai mengalahkan Ukraina pada final playoff jalur A Zona Eropa di Stadion Cardiff City, Senin (6/6) dini hari WIB.

Adalah Gareth Bale yang jadi aktornya usai tendangan bebasnya di menit 34 membuat Andriy Yarmolenko terpaksa menciptakan gol bunuh diri.

Wales kini akan terbang ke Qatar pada bulan November, di mana mereka akan menghadapi Inggris, Amerika Serikat dan Iran di Grup B Piala Dunia.

Terakhir kali Wales mentas di Piala Dunia adalah pada edisi 1958. Saat itu Wales mampu lolos ke perempat final sebelum dikalahkan oleh Brasil.

Ini jelas merupakan pencapaian yang spesial karena menjadi penantian panjang untuk bisa mentas di pesta sepak bola sejagat.

Berikut ulasan profil Timnas Wales

Ryan Giggs (Frederic J. Brown/AFP)

Legenda Manchester United dan Tim Nasional Wales, Ryan Giggs ditunjuk sebagai manajer pengganti Chris Coleman yang memilih untuk melatih Sunderland pada akhir 2017 silam. Pada tanggal 15 Januari 2018, Ryan Giggs memulai debutnya sebagai nahkoda The Dragons tersebut.

Diketahui, Ryan Giggs telah mencatatkan 64 penampilan dalam Tim Nasional Wales dari tahun 1991 hingga 2007 silam. Ia sering kali mendapatkan kritikan dalam membela Tim Nasional Wales karena terlihat absen dalam setiap pertandingan.

Belum lagi sederet kasus yang menjerat Giggs bikin dirinya kerap absen. Nah, untuk menggantikan ketidakhadiran Giggs di pinggir lapangan, sementara ini Wales dilatih oleh Rob Page termasuk melawan Ukraina.

Pemain Andalan Timnas Wales

Selebrasi Gareth Bale saat cetak gol kemenangan Wales atas Austria dengan skor 2-1 di playoff Kualifikasi Piala Dunia 2022. (GEOFF CADDICK / AFP)

Wales telah melahirkan beberapa deretan nama pemain hebat yang menjadi penentu kemenangan Tim Nasional Wales dalam setiap pertandingannya. Kapten Tim Nasional Wales, Gareth Bale menjadi andalan ‘The Dragons’ di dalam lapangan hijau.

Pemain yang kini resmi meninggalkan Real Madrid ini, akan menjadi tulang punggu Tim Nasional Wales dalam meraih kemenangannya.

Total pemain berusia 32 tahun tersebut sudah mencatatkan 103 penampilan di semua ajang buat Wales dengan mengoleksi 38 gol.

Data Fakta Timnas Wales

Julukan Timnas Wales: The Dragons

Nama federasi: Football Association of Wales (FAW)

Keikutsertaan Timnas Wales di Euro: 2 kali

Prestasi terbaik Timnas Wales di Euro: semifinal Euro 2016

Keikutsertaan Timnas Wales di Piala Dunia: 2 kali

Prestasi terbaik di Piala Dunia: Perempat final Piala Dunia 1958

Pemain andalan Timnas Wales: Gareth Bale

Kontributor: Aditia Rizki

Load More