Husna Rahmayunita
Timnas Belanda hancurkan Belgia 4-1 di UEFA Nations League, Jumat (4/6/2022). (AFP/Kenzo TRIBOUILLARD_

Bolatimes.com - Hasil UEFA Nations League yang digelar Sabtu (4/6/2022) dini hari WIB, Timnas Belanda berhasil mengalahkan Belgia, sedangkan Prancis dibuat bertekuk lutut oleh Denmark.

Pertandingan Belanda vs Belgia di Grup A4 UEFA Nations League digelar di Stadion King Baudouin, Brussel. De Oranje berhasil mengalahkan tuan rumah 4-1.

Empat gol Belanda masing-masing berasal dari brace Memphis Depay, Steven Bergwijn dan Denzel Dumfries. Sedangkan gol tinggal Belgia dicetak Michy Batshuayi di babak tambahan waktu.

Hasil ini membawa Belanda untuk sementara menduduki puncak klasemen Grup A4 dengan raihan tiga poin dari satu pertandingan, unggul selisih gol dari Polandia yang memiliki poin sama, sedangkan peringkat diduduki oleh Wales dan posisi terbawah dihuni oleh Belgia.

Pada pertandingan ini, kedua tim menorehkan penguasaan bola yang seimbang dan tercatat Belgia menorehkan 6 tembakan tepat sasaran, berbanding 7 yang dihasilkan oleh Belanda.

Di babak pertama, Belgia mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan pada menit ke-14, bek sayap Timothy Castagne mampu melepaskan tendangan yang masih mengenai mistar gawang Belanda.

Pada menit ke-27, Belgia harus kehilangan penyerang andalan mereka Romelu Lukaku yang harus ditarik keluar lapangan dan digantikan oleh Leandro Trossard.

Belanda mampu unggul lebih dulu pada menit ke-40 ketika Bergwijn melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang tak mampu dijangkau oleh kiper Belgia Simon Mignolet sehingga skor berubah menjadi 1-0 yang bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, pertandingan masih berjalan imbang, namun Belanda kembali dapat menambahkan keunggulan pada menit 51 melalui Memphis Depay setelah menerima umpan dari Steven Berghuis dan skor berubah menjadi 2-0.

Berselang 10 menit, Belanda menambah keunggulan mereka menjadi 3-0, kali ini giliran bek sayap Dumfries yang mencetak gol setelah menerima umpan terobosan dari Daley Blind.

Belanda menegaskan keunggulan pada pertandingan ini menjadi 4-0 pada menit ke-65 ketika Depay mencetak gol keduanya, lagi-lagi melalui umpan terobosan dari Daley Blind.

Pada menit ke-78, Belgia sempat mencetak gol melalui Castagne, namun pada akhirnya dianulir oleh VAR karena pemain Leicester City sudah terlebih dahulu berada dalam posisi offside.

Belgia mampu memperkecil ketertinggalan pada menit 90+3 ketika Bathsuayi mampu menyambut umpan silang dari Toby Alderweireld sehingga skor berubah menjadi 1-4 yang bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Di tempat berbeda, tersaji laga Grup A1 antara Prancis vs Denmark. Denmark berhasil menundukkan tuan rumah dengan skor 2-1 saat berlaga di Stadion Stade de France, Paris

Andreas Cornelius mempersembahkan dua gol untuk Denmark pada menit ke-68 dan 88, sedangkan Prancis mampu unggul lebih dulu di menit 51 melalui Karim Benzema.

Kemenangan ini membuat Denmark untuk menduduki peringkat kedua Grup A1 UEFA Nations League dengan raihan tiga poin dari satu pertandingan, kalah selisih gol dari Austria di posisi pertama.

Di sisi lain, Prancis menghuni peringkat ketiga Grup A1 tanpa raihan poin dengan defisit satu gol dan posisi juru kunci ditempati oleh Kroasia yang hari ini dikalahkan oleh Austria 0-3, demikian dimuat Reuters via Antara.

Load More