Husna Rahmayunita
Selebrasi pemain Liverpool Sadio Mane usai membobol gawang Manchester United di Alfield, Rabu (20/4/2022) dini hari WIB. (AFP/Oli Scarff)

Bolatimes.com - Liverpool besar kemungkinan bakal ditinggalkan oleh Sadio Mane di jendela transfer musim panas ini. Kepergian bintang asal Senegal tersebut dikabarkan oleh ahli transfer sekaligus jurnalis asal Italia, Fabrizio Romano.

Kepergian Mane jelas menjadi kehilangan besar buat Liverpool dan Jurgen Klopp khususnya. Sadio Mane yang didatangkan pada 2016 lalu, sudah menjadi sosok tak tergantikan di lini depan.

Sejumlah trofi berhasil dipersembahkan bintang asal Senegal tersebut buat The Reds, mulai dari trofi Liga Inggris, Piala FA, Piala Liga Inggris, hingga Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub.

Tentu akan sulit buat Liverpool dan Klopp untuk mencari pengganti Sadio Mane, terlebih dia sudah  sangat nyetel dengan permainan Jurgen Klopp.

Meski begitu, Jurgen Klopp harus move on dengan cara mencari pengganti Sadio Mane. Siapa saja yang bisa menggantikan pemain berusia 30 tahun tersebut? Berikut ulasannya.

1. Serge Gnabry

Selebrasi gelandang Bayern Munchen, Serge Gnabry usai membobol gawang Tottenham Hotspur. (Twitter/@SergeGnabry)

Mantan wonderkid jebolan Arsenal ini dikabarkan bakal dilepas oleh Bayern Munchen bagi klub mana pun yang mau menampungnya.

Gnabry punya gaya bermain yang tak jauh berbeda dengan Sadio Mane, mereka sama-sama pemain versatile. Posisi asli Gnabry adalah winger kanan, tapi dia bisa beroperasi juga sebagai winger kiri, second striker, hingga penyerang tengah.

Kontraknya tinggal tersisa satu tahun lagi, ini menjadi kesempatan bagi Bayern Munchen untuk tetap mendapatkan duit jika harus melepas Gnabry.

2. Christopher Nkunku

Aksi penyerang RB Leipzig, Christopher Nkunku, saat mencetak gol ke gawang Manchester City. (OLI SCARFF / AFP)

Penampilan Christopher Nkunku bersama RB Leipzig begitu ganas di musim 2021/22. Dari 51 laga di semua ajang, Nkunku mampu mencetak 35 gol dan 20 assist.

Tentunya ini bisa menjadi pengganti Mane yang ideal buat Liverpool. Selain bisa bermain sebagai penyerang, pemain berusia 24 tahun tersebut juga bisa beroperasi sebagai second striker hingga gelandang serang.

Kontrak Nkunku dengan Leipzig masih tersisa hingga 2024, dikabarkan Leipzig bakal melepas pemain andalannya ini dengan duit tidak kurang dari 60 juta pounds.

3. Darwin Nunez

Striker Benfica, Darwin Nunez. [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]

Satu lagi pemain yang bisa menggantikan posisi Sado Mane adalah penyerang milik Benfica, Darwin Nunez, yang juga jadi buruan banyak klub top Eropa.

Di musim 2021/22, Darwin Nunez sukses mencetak 34 gol dan 4 assist dari 41 pertandingan lintas ajang. Selain bisa bermain di berbagai posisi, sosok berusia 22 tahun ini juga bertipikal pekerja keras yang sangat disukai oleh Jurgen Klopp.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Load More