Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Karim Benzema usai Real Madrid dipastikan meraih kemenangan atas Liverpool di final Liga Champions 2021/2022. (Anne-Christine P/AFP)

Bolatimes.com - Keputusan wasit yang menganulir gol Karim Benzema ke gawang Liverpool di final Liga Champions mendapat sorotan. Tak sedikit yang bingung kenapa gol pemain asal Prancis itu dianggap offside.

VAR tidak membatalkan keputusan hakim garis karena sentuhan Fabinho bukanlah umpan yang disengaja sehingga Benzema dianggap offside.

Benzema melesakkan bola ke gawang Liverpool. Dia menggiring bola dekat Alisson yang sempat menyentuh bola, sebelum bola menghantam Ibrahima Konate untuk balik kembali ke arah kiper.

Baca Juga:
Kisah Zlatan Ibrahimovic yang Tahan Rasa Sakit Akibat Cedera ACL demi AC Milan Juara Liga Italia

Bola kemudian memantul antara Konate, Federico Valverde, Konate lagi dan kemudian Fabinho sebelum bergulir ke arah Benzema. Striker berusia 34 tahun itu itu kemudian menceploskan bola melewati Alisson.

Namun, gol itu disambut oleh bendera offside. Wasit Clement Turpin dan timnya memutuskan gol tersebut offside karena Benzema sudah jauh di luar Alisson, meskipun masih ada seorang pemain Liverpool (Andy Robertson) antara sang striker dan tiang gawang.

Harus ada dua pemain lawan antara si penyerang dan gawang untuk bisa disebut sebuah gol dinyatakan tidak offside, entah dua pemain itu terdiri dari seorang penjaga gawang dan seorang pemain outfield (berada di belakang kiper yang sudah maju meninggalkan gawang), maupun dua pemain outfield sekaligus.

Baca Juga:
5 Pemain Pinjaman yang Resmi Dipermanenkan, Meski Bursa Transfer Belum Dibuka

Dalam kasus ini, Valverde menjadi faktor penting, apakah dia memang mengumpan Benzema, atau justru setelah menyentuh pemain Liverpool (Fabinho).

Itu dirujuk ke asisten video wasit Jerome Brisard dan asistennya Willy Delajod, Massimiliano Irrati dan Filippo Meli.

Setelah tiga menit dan 22 detik menonton rekaman ulang, mereka tidak membatalkan keputusan hakim garis.

Baca Juga:
4 Keuntungan Timnas Indonesia Tergabung di Grup Neraka Kualifikasi Piala Asia 2023

Tak jelas apakah bola memang hasil umpan Valverde karena tayangan ulang video menunjukkan bola terlihat meluncur dari Fabinho, namun keputusan hakim garis itu kemudian dikuatkan VAR sehingga gol Benzema itu dianulir.

Tetapi BT Sport menyebutkan bahwa karena bola sempat menyentuh Fabinho dan bukannya hasil sebuah umpan yang disengaja, maka gol itu sudah benar untuk dianggap tidak sah, demikian dikutip dari The Athletic.

(Antara)

Baca Juga:
5 Fakta Menarik di Balik Kesuksesan Real Madrid Juara Liga Champions 2021-2022

Load More