Rauhanda Riyantama
Selebrasi penyerang Liverpool, Sadio Mane usai bobol gawang Real Madrid di final Liga Champions 2017/2018. (AFP)

Bolatimes.com - Berikut tujuh fakta menarik jelang laga Liverpool vs Real Madrid di final Liga Champions musim 2021/2022. Merangkum dari laman resmi UEFA, berikut ulasan selengkapnya.

Duel Liverpool vs Real Madrid akan berlangsung di Stade de France, Saint-Denis, Prancis. Laga dijadwalkan kick-off pada Minggu (29/5/2022) pukul 02.00 WIB.

Real Madrid ke final Liga Champions 2021/2022 dengan perjalanan yang terbilang seperti roller coaster. Banyak momen di mana Los Blancos hampir tersingkir sebelum melakoni comeback dramatis.

Baca Juga:
Buntut Masalah Finansial, FK Senica Dilarang Tampil di Liga Slovakia Musim Depan

Mereka memang menang 6-5 secara agregat dari Manchester City di semifinal. Namun dalam praktiknya, Real Madrid nyaris tersingkir.

Tim asuhan Carlo Ancelotti sempat tertinggal satu gol dari Man City di leg kedua sebelum melakoni comeback 2-1 lewat dua gol Rodrygo Goes jelang berakhirnya waktu normal.

Skor 2-1 membuat laga harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu dan Real madrid berhasil menambah keunggulan sekaligus mengunci kemenangan lewat penalti Karim Benzema di babak pertama perpanjangan waktu.

Baca Juga:
Jelang Final Liga Champions, Ini Rekor Pertemuan Liverpool vs Real Madrid

Di sisi lain, Liverpool terhitung melaju mulus ke final Liga Champions 2021/2022. Dari babak penyisihan hingga semifinal, The Reds tercatat cuma kalah sekali yakni dari Inter Milan di leg kedua 16 besar.

Setelah itu, The Reds mengalahkan Benfica 1-3 di leg pertama perempat final dan mengunci tiket ke semifinal lewat hasil imbang 3-3 di Anfield.

Di semifinal, Liverpool juga tak mendapat banyak hambatan. mereka menyingkirkan klub Spanyol, Villarreal dengan agregat 5-2.

Baca Juga:
Jadwal Liverpool vs Real Madrid di Final Liga Champions, Digelar Dini Hari Nanti

Kedua tim mengemban misi yang sama jelang final Liga Champions 2021/2022 yakni untuk melengkapi kesuksesan yang mereka raih musim ini.

Liverpool sudah mengoleksi dua trofi jelang final Liga Champions. Mereka telah meraih gelar juara Piala Liga Inggris serta Piala FA, dan kini fokus untuk merengkuh trofi UCL ketujuh sepanjang sejarah klub.

Di sisi lain, Real Madrid adalah kampiun Liga Spanyol musim ini. Mereka kini mengejar gelar ke-14 Liga Champions atau La Decimocuarta.

Baca Juga:
Arema FC Bersiap Bikin Training Center Berkelas, PSSI Kapan Ya?

Berikut 7 Fakta Menarik jelang Liverpool vs Real madrid di Final Liga Champions 2021/2022 dilansir laman resmi UEFA:

  1. Real Madrid tidak pernah kalah di final saat kompetisi berubah nama dari Piala Eropa menjadi Liga Champions. Dalam tujuh final terakhir, mereka selalu memenangkannya.
  2. Carlo Ancelotti adalah pelatih pertama dalam sejarah yang memimpin klubnya melaju ke lima final Liga Champions.
  3. Kemenangan di laga nanti bakal menjadikan Carlo Ancelotti sebagai pelatih pertama yang memenangkan Liga Champions dua kali dengan lebih dari satu klub.
  4. Ini adalah pertama kalinya klub yang sama bertemu di tiga final Liga Champions. Sebelumnya, pertemuan klub yang sama paling banyak hanya terjadi dua kali seperti Madrid dan Reims (1956, 1959), AC Milan dan Ajax (1969, 1995), Ajax dan Juventus (1973, 1996), Milan dan Benfica (1963, 1990), Liverpool dan Milan (2005, 2007), Barcelona dan Manchester United (2009, 2011), Madrid dan Atlético (2014, 2016) dan Madrid dan Juventus (1998, 2017).
  5. Ini adalah final Liga Champions UEFA kelima antara klub dari Inggris dan Spanyol. Paling sering terjadi atau satu kali lebih banyak dari klub Italia vs Spanyol di kompetisi yang sama.
  6. Kali terakhir jadi juara Liga Champions, Real Madrid berjumpa dengan klub Inggris di Kyiv pada 2018 silam. Lawan mereka saat itu adalah Liverpool, yang menghancurkan Los Blancos dalam final di Paris pada 1981.
  7. Liverpool punya misi merengkuh trofi Liga Champions ketujuh mereka, sementara Real Madrid berkeinginan untuk menggapai gelar ke-14 di Liga Champions.

Load More