Irwan Febri Rialdi
Pemain AS Roma merayakan keberhasilan mereka menjuarai Liga Conference setelah mengalahkan Feyenoord pada partai final dengan skor 1-0 di Stadion Arena Kombetare, Tirana, Albania, Rabu (25/05/2022).(ANTARA/REUTERS/MARKO DJURICA)

Bolatimes.com - Fakta-fakta menarik AS Roma usai juarai UEFA Conference League setelah mengalahkan Feyenoord 1-0 di partai final.

Pada pertandingan final yang digelar di Air Albania Stadium, Kamis (26/5/2022) dini hari WIB, Nicolo Zaniolo sukses menjebol gawang Feyenoord di babak pertama.

Kemenangan 1-0 atas Feyenoord tersebut membuat AS Roma pun mencetak sejarah sebagai kesebelasan pertama yang meraih gelar juara UEFA Conference League.

Baca Juga:
Resmi! Daftar 29 Pemain Timnas Indonesia untuk Lawan Bangladesh, Ada Stefano Lilipaly

Gelandang Roma Italia Nicolo Zaniolo (kanan) merayakan golnya pada pertandingan sepak bola final UEFA Conference League antara AS Roma dan Feyenoord di Stadion Air Albania di Tirana pada 25 Mei 2022. Tuan Shkullaku/AFP

Berikut fakta - fakta menarik AS Roma juara UEFA Conference League usai mengalahkan Feyenoord seperti dihimpun dari laman resmi UEFA.

  1. Jose Mourinho adalah pelatih pertama yang memenangkan ketiga kompetisi klub UEFA saat ini – Liga Champions UEFA (Porto 2003/04, Inter 2009/10), Liga Eropa UEFA (Manchester United 2016/17) dan Liga Konferensi Eropa UEFA (Roma 2021/ 22).
  2. Ini adalah gelar kompetisi klub UEFA pertama bagi AS Roma. Mereka menjadi runner-up di Piala Eropa 1984 dan di final Piala UEFA 1991.
  3. Roma adalah tim Italia pertama yang memenangkan kompetisi klub UEFA sejak Internazionale memenangkan Liga Champions pada 2010, ketika mereka dilatih oleh José Mourinho.
  4. AS Roma tidak terkalahkan dalam delapan pertandingan terakhir kompetisi klub UEFA melawan tim dari Belanda (M5 D3).
  5. Skuat besutan José Mourinho mencatatkan clean sheet di empat dari lima final kompetisi utama UEFA – dan itu adalah empat final terakhirnya.
  6. Cyriel Dessers menyelesaikan kompetisi ini sebagai pencetak gol terbanyak musim ini dengan sepuluh gol – Tammy Abraham mengakhiri satu gol di belakang dengan sembilan gol.
  7. Ini adalah musim terlama Feyenoord – mereka memainkan 54 pertandingan kompetitif, termasuk 18 di Liga Konferensi Eropa UEFA (termasuk kualifikasi). Rekor mereka sebelumnya adalah 51 pertanidngan pada 2001/02, ketika mereka memenangkan Piala UEFA.

(Suara.com/Reky Kalumata)

Baca Juga:
Bungkam Feyenoord, AS Roma Sukses Juarai Conference League

Load More