Rauhanda Riyantama
Yahya Ali Al Mulla saat memimpin pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Thailand di semifinal SEA Games 2021. (Reuters/Antara)

Bolatimes.com - Mengenal sosok Yahya Ali Al Mulla, wasit yang memimpin pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Thailand di semifinal SEA Games 2021.

Nama Yahya Ali Al Mulla menjadi sorotan setelah dirinya menjadi pengadil lapangan di laga panas antara Timnas Indonesia U-23 vs Thailand, Kamis (19/5).

Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia U-23 harus menyerah 0-1 dari Thailand usai bertanding selama 120 menit.

Baca Juga:
Singkirkan Ganda Jepang, Fajar/Rian Melaju ke Semifinal Thailand Open 2022

Skuat Garuda Muda harus menyerah usai Thailand mampu mencetak gol di menit ke-95 babak pertama Extra Time, lewat Weerathep Pomphan.

Pasca gol tersebut, Timnas Indonesia U-23 pun berupaya mendapatkan gol penyama kedudukan di waktu yang tersisa di babak Extra Time.

Hanya saja, upaya Timnas Indonesia U-23 mencetak gol ini harus terbentur beberapa kendala, baik dari internal atau pemain itu sendiri maupun dari eksternal.

Baca Juga:
Klasemen Terbaru SEA Games 2021: Indonesia Salip Singapura di Posisi Ketiga usai Raup 7 Emas

Salah satu gangguan dari eksternal yang menghambat laju Timnas Indonesia U-23 di laga itu adalah keputusan wasit yang memimpin pertandingan, yakni Yahya Ali Al Mulla.

Wasit asal Uni Emirat Arab ini menjadi sorotan karena dianggap memberikan keputusan berat sebelah yang merugikan Timnas Indonesia U-23.

Salah satunya adalah Handball pemain Thailand di area penaltinya sendiri. Wasit yang berdiri tak jauh dari tempat kejadian, mengabaikan kejadian tersebut, meski para pemain Indonesia melakukan protes.

Baca Juga:
Hasil Voli SEA Games 2021: Lolos ke Final, Indonesia Tantang Tuan Rumah Vietnam

Puncaknya terjadi saat Yahya Ali Al Mulla memberikan tiga kartu merah ke para pemain Indonesia dan hanya memberikan satu kartu merah ke pemain Thailand saat kedua pihak berseteru hingga kontak fisik.

Di balik keputusan Yahya Ali Al Mulla yang dianggap berat sebelah itu, ternyata dirinya punya label sebagai salah satu wasit terbaik di Uni Emirat Arab.

Wasit Terbaik Uni Emirat Arab

Baca Juga:
Hasil Liga Italia: Tammy Abraham Cetak Brace, AS Roma Hajar Torino 3-0

Yahya Ali Al Mulla dikenal sebagai salah satu wasit yang tegas. Dilansir dari Transfermarkt, ia telah memimpin 52 pertandingan sejauh ini.

Dalam 52 pertandingan itu, Yahya Ali Al Mulla tak segan mengeluarkan 207 kartu kuning dan 4 kartu merah di pertandingan yang ia pimpin.

Diketahui, Yahya Ali Al Mulla belum lama menjalani profesi sebagai wasit di level internasional. Ia baru mendapat lisensi FIFA pada 2020 lalu.

Meski baru mendapat lisensi FIFA pada 2020 lalu, Yahya Ali Al Mulla berhasil masuk dalam elite panel wasit di Asia pada 2021.

Status yang ia dapatkan itu membuatnya kemudian bisa memimpin laga-laga bergengsi, seperti turnamen-turnamen di kancah Asia, semacam SEA Games dan Piala AFC U-23.

Karena statusnya itu dan kepemimpinannya yang tegas, Yahya Ali Al Mulla pun disebut-sebut sebagai salah satu wasit terbaik di Uni Emirat Arab.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Load More