Rauhanda Riyantama
Timnas Futsal Indonesia vs Thailand di SEA Games 2021. (Twitter/dok.AFF)

Bolatimes.com - Timnas Futsal Indonesia harus puas mengakhiri perjalanannya di pesta olahraga SEA Games 2021 Vietnam dengan hanya meraih medali perak.

Kepastian Timnas Futsal Indonesia meraih medali perak didapatkan usai bermain imbang 1-1 melawan rival terberatnya, Thailand, Rabu (18/5).

Hasil imbang ini sendiri dibarengi dengan kemenangan yang didapatkan Vietnam atas Myanmar dengan skor 4-0.

Baca Juga:
Rangers Gagal Juarai Liga Europa, Giovanni van Bronckhorst Kecewa Berat

Karena kemenangan yang didapatkan tuan rumah tersebut, Timnas Futsal Indonesia harus puas hanya menjadi yang terbaik kedua di Asia Tenggara dalam cabang olahraga ini.

Sebagai informasi pelengkap, cabang olahraga Futsal hanya berisikan lima negara saja dan kompetisi digelar dalam format satu grup.

Sehingga, setiap tim yang ada bertemu satu sama lain dalam satu pertemuan untuk menentukan peraih medali emas, perak dan perunggu yang akan dibagikan ke tiga peringkat teratas.

Baca Juga:
Profil Aaron Ramsey, Eks Arsenal yang Bikin Rangers Gagal Juara Liga Europa

Timnas Futsal Indonesia sendiri saat ini duduk di tempat pertama koleksi 8 poin, karena telah memainkan semua laga dengan catatan dua kemenangan dan dua hasil imbang dengan keunggulan 9 gol

Sedangkan Vietnam dan Thailand yang sama-sama mengoleksi tujuh poin, masih menyisakan satu pertandingan tersisa dan akan saling jegal untuk memperebutkan medali emas.

Jika Vietnam menang atas Thailand, maka Vietnam akan menggeser posisi Indonesia di puncak dan merebut medali emas. Hal ini juga berlaku untuk Thailand jika bisa mengalahkan tuan rumah.

Baca Juga:
Meski Diisi Generasi Emas, Media Vietnam Sebut Timnas Indonesia U-23 Tidak Ditakdirkan Juara

Namun jika kedua tim bermain imbang, Vietnam akan tetap mendapat medali emas karena unggul selisih gol dari Indonesia dan Thailand yang kalah selisih gol dari tim Merah Putih, harus puas meraih medali perunggu saja.

Timnas futsal Indonesia saat berlaga di Piala Futsal AFF 2022 di Bangkok, Thailand. (ANTARA/HO/AFF-FAT)

Menciptakan Sejarah

Meski dipastikan hanya akan meraih medali perak, prestasi ini nyatanya menjadi catatan bersejarah bagi Timnas Futsal Indonesia.

Baca Juga:
Antar Eintracht Frankfurt Juara Liga Europa, Oliver Glasner Singgung Mentalitas

Untuk pertama kalinya, Timnas Futsal Indonesia mampu meraih medali perak sejak mengikuti pesta olahraga dua tahunan antar negara-negara Asia Tenggara itu.

Sebelumnya, raihan terbaik Timnas Futsal Indonesia hanyalah medali perunggu yang didapat pada SEA Games 2007, 2011 dan 2013.

Di sisi lain, raihan medali perak ini menjadi bukti bahwa Timnas Futsal Indonesia bisa berprestasi di ajang internasional, tak seperti asumsi pihak Kemenpora yang menganggap olahraga ini seret prestasi.

Sebelum SEA Games 2021 diadakan, Kemenpora tadinya hanya akan memberangkatkan 31 cabang olahraga saja. 

Dari 31 cabang olahraga yang diberangkatkan itu, tak ada olahraga Futsal kendati olahraga ini tergolong berprestasi.

Padahal saat itu Timnas Futsal Indonesia juga baru saja menjadi Runner Up Piala AFF Futsal 2022 yang berlangsung di Thailand beberapa waktu sebelumnya.

Keputusan Kemenpora ini menuai kontra dari publik, dan membuat Kemenpora serta tim review merekomendasikan Timnas Futsal Indonesia untuk berangkat.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Load More