Rauhanda Riyantama
Aksi Gareth Bale saat Real Madrid ditahan imbang Villarreal di ajang Liga Spanyol. (JOSE JORDAN / AFP)

Bolatimes.com - Dominasi pesepak bola kaki kidal mengguncang dunia sepak bola khususnya Eropa sudah bukan hal yang asing, behkan beberapa di antaranya kini menjelma sebagai sosok legenda.

Memiliki kekuatan pada kaki kiri bagi seorang pesepak bola ternama tentu menjadi keunikan tersendiri, bahkan menjadi kekuatan menakutkan untuk lawan.

Selain itu beberapa pemain dengan kekuatan kaki kiri menjadi begitu ikonik, tak sedikit para pemain ini menjelma sebagai legenda klub.

Baca Juga:
Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Thailand, Berjuang Maksimal Demi ke Final!

Diego Maradona menjadi pemain kidal terbaik di masanya, bersama timnas Argentina ia menjelma sebagai sosok legenda yang disegani hingga akhir hayatnya.

Nama Lionel Messi menjadi generasi penerus yang setara dengan Maradona, namun selain itu tiga pemain kidal berikut ini termasuk yang terbaik di antaranya.

1. Roberto Carlos

Baca Juga:
Prediksi Timnas Indonesia U-23 vs Thailand, Formasi Sama tapi Asnawi Digantikan Rio Fahmi

Pemain Real Madrid, Roberto Carlos dan Pemain Barcelona, Rivaldo (AFP)

Berposisi sebagai bek kiri, memiliki tendangan super geledek lewat kaki kirinya dan menjadi yang terkuat sekaligus pelopor bek sayap era modern.

Salah satu sepakan kaki kiri Roberti Carlos paling ikonik pernah terjadi di tahun 1997, saat Brasil bertanding dalam laga uji coba melawan Prancis.

Rentetan gelar pun diraih Roberto Carlos bersama timnas Brasil di Piala Dunia dan dua Copa America, begitu juga saat bersama Real Madrid.

Baca Juga:
Intensitas Latihan Timnas Indonesia U-19 Ditingkatkan Jelang Keberangkatan ke Toulon Cup 2022

Carlos merupakan pemain andalan untul Los Blancos dan memberi empat gelar La Liga, tiga Liga Champions dan beberapa gelar lain.

2. Gareth Bale

Aksi Gareth Bale saat Real Madrid melawan Paris Saint-Germain di partai perdana Liga Champions musim 2019/2020.(MARTIN BUREAU / AFP)

Gareth Bale masih menjadi salah satu pemain kidal terbaik sepanjang masa, meskipun namanya semakin meredup sejak bermain untuk Real Madrid.

Baca Juga:
Jelang Pertandingan, Media Thailand Pamerkan Rekor Kemenangan atas Indonesia di SEA Games 2021

Padahal kontribusi yang diberikan tak tanggung-tanggung, beberapa gelar Liga Spanyol dan Liga Champions juga datang dari kaki kirinya.

Mengawali karier sebagai bek kiri, peran Bale menanjak semenjak kekuatan kaki kirinya diperlihatkan ke seluruh dunia.

Bale termasuk pemain yang kerap mencetak gol jarak jauh lewat sepakan keras kaki kirinya, juga lewat eksekusi tendangan bebas layaknya Cristiano Ronaldo.

3. Robin van Persie

Striker Manchester United Robin van Persie merayakan golnya ke gawang Stoke City. AFP/ANDREW YATES

Keyakinan Robin van Persie sebagai pemain kidal terbaik dunia pernah diungkapkan eks pelatih Arsenal, Arsene Wenger.

Wenger mengakui Van Persie bukan satu-satunya pemain terbaik dunia, tapi soal kaki terbaik dialah satu-satunya pemilik itu.

Hal itu diungkapkan Arsene Wenger saat masih melatih Van Persie di Arsenal dan sang pemain baru saja mencetak brace ke gawang Norwich City.

"Dia memang memiliki beberapa pesaing tetapi dia adalah salah satu yang terbaik. Selalu sulit mengatakan bahwa dia adalah satu-satunya pemain terbaik," ucap Wenger.

"Dia sangat luar biasa dan dia memiliki sesuatu yang tidak dapat anda berikan kepada orang-orang. Hari ini dia mencetak gol dengan kaki kanannya.

"Saya tidak pernah melihat pemain kidal yang lebih besar dari Robin van Persie. Dia selalu membuat keputusan yang sangat tepat dalam waktu beberapa detik yang tersedia untuknya.

"Itu yang membuatnya berbeda dengan yang lain." imbuhnya.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Load More