Rauhanda Riyantama
Pep Guardiola terlihat sedih usai gagal bawa Manchester City juara Liga Champions. (DAVID RAMOS / AFP / POOL)

Bolatimes.com - Pelatih sebuah klub sepak bola mendapatkan wewenang dan kebebasan untuk mendatangkan pemain baru di bursa transfer.

Sebab, pelatih menjadi otak paling penting untuk membangun sebuah kerangka tim sebelum bisa meramunya dengan berbagai macam strategi.

Untuk mendapatkan pemain-pemain yang seusai dengan kebutuhan, tentu saja pelatih akan meminta manajemen klub untuk merekrut pemain terbaik di setiap bursa transfer.

Baca Juga:
Ditahan Imbang Thailand 1-1, Timnas Futsal Indonesia Puncaki Klasemen SEA Games 2021

Tak jarang, klub harus menggelontorkan dana yang cukup besar untuk bisa mendatangkan nama-nama pemain yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan sang juru taktik.

Hal ini tentu saja membuat klub harus merogoh kocek yang dalam. Bahkan, beberapa di antara bursa transfer yang ada berakhir tragis karena pemainnya justru gagal bersinar.

Selama beberapa tahun terakhir, muncul nama-nama pelatih yang mampu menghasilkan prestasi yang mentereng untuk klubnya.

Baca Juga:
Hasil Final Bulu Tangkis SEA Games 2021: Tim Putri Indonesia Jadi Runner-up usai Dikalahkan Thailand 0-3

Tentu saja, pelatih-pelatih ini membutuhkan pemain dengan kualitas terbaik untuk bisa bersaing dengan klub lain dalam meraih gelar juara.

Sejumlah nama pelatih yang tenar di dataran Eropa memang terbilang cukup boros jika sudah berbicara soal perburuan pemain di bursa transfer.

Namun, jika melihat kenyataannya, ada beberapa pelatih yang sukses mempersembahkan hasil yang memuaskan setelah menghambur-hamburkan uang untuk merekrut pemain.

Baca Juga:
Gagal Sumbang Poin untuk Indonesia saat Lawan Thailand, Putri KW Menangis

Bahkan, beberapa di antaranya tercatat sudah menggelontorkan dana hingga miliaran euro dalam berburu pemain di bursa transfer.

Namun, dana miliaran euro yang sudah dihabiskan untuk merekrut pemain memang berbanding lurus dengan prestasi klubnya tersebut.

Dalam daftar ini, kita akan menemukan deretan pelatih papan atas yang kini tengah bekerja untuk klub-klub raksasa Eropa.

Baca Juga:
Pemain Thailand Siap Tempur Lawan Timnas Indonesia U-23, Tapi Khawatirkan Cuaca Panas

Apabila melihat rekam jejaknya, maka tak mengherankan apabila mereka mampu meraih gelar juara yang bergengsi selama menjadi juru taktik.

Dikutip dari Goal International, berikut 10 pelatih yang paling boros menghabiskan dana untuk mendatangkan pemain baru di bursa transfer.

10. Jurgen Klopp (687,3 juta euro)

9. Manuel Pellegrini (764 juta euro)

8. Unai Emery (797,5 juta euro)

7. Ernesto Valverde (815,8 juta euro)

6. Carlo Ancelotti (920 juta euro)

5. Antonio Conte (956,9 juta euro

4. Diego Simeone (980,3 juta euro)

3. Massimiliano Allegri (994,4 juta euro)

2. Jose Mourinho (1,07 miliar euro)

1. Pep Guardiola (1,38 miliar euro)

(Kontributor: Muh Adif Setiawan)

Load More