Husna Rahmayunita
Manajer Timnas Kamboja, Keisuke Honda. (AFP/Tang Chhin Shothy)

Bolatimes.com - Berikut deretan pemain Asia terbaik yang sepanjang masa yang pernah bersinar pada zamannya. Salah satunya Keisuke Honda yang kini menjadi pelatih Timnas Kamboja. 

Sepak bola Asia mulai berkembang dan diperhitungkan dunia pada tahun 2000an. Saat itu Jepang dan Korea menjadi negara yang memulai dan mengimbangi negara-negara Eropa dan Amerika Latin.

Sepak bola Asia tak dipungkiri masih kurang terkenal dan populer dibandingkan dengan sepak bola Eropa maupun Amerika Latin.

Namun sederet pemain ini mampu mencuri perhatian berkat penampilannya mengolah si kulit bundar bahkan mampu bersaing dengan pemain benua lainnya. 

Mengutip unggahan akun TikTok @anwarsetiawan14 via SuaraSurakarta.id, berikut ini deretan pemain Asia terbaik sepanjang sejarah.

1. Keisuke Honda

Keisuke Honda berhasil menyamakan kedudukan lewat golnya ke gawang Senegal. Skor berakhir imbang 2-2.

Mantan bintang AC Milan Keisuke Honda diusia emasnya pernah dianggap sebagai gelandang terbaik yang dimiliki Timnas Jepang dan sepak bola Asia.

Pemain yang malang melintang diberbagai klub Eropa itu berhasil mencatatkan hampir 100 caps bersama Timnas Jepang di tiga Piala Dunia.

2. Tim Cahill

Tim Cahill terkenal sebagai gelandang yang memiliki rekor gol terbanyak bersama Timnas Australia sebanyak 50 gol saat membela Tim Kanguru di tiga Piala Dunia.

Selain itu, ia juga merupakan legenda dari klub Inggris Everton. Bahkan pada tahun 2006, Tim Cahill juga pernah masuk nominasi Ballon D'or.

3. Park Ji Sung

Eks pemain Manchester United, Park Ji Sung. [FRANCK FIFE / AFP]

Siapa yang tak mengenal mantan pemain Manchester United Park Ji Sung. Pemain asal Korea Selatan ini bahkan dijuluki memiliki tiga paru-paru karena tidak pernah mengenal lelah saat bertanding.

Dalam karir sepak bolanya, Park Ji Sung diketahui membela Setan Merah selama tujuh musim. Ia sukses membantu Machester United meraih empat gelar Liga Primer, Tiga Piala Liga, dan empat Community Shields.

Dia juga sukses membantu Timnas Korea Selatan masuk semi final gelaran Piala Dunia pada tahun 2002 setelah menang atas Timnas Suriah 2-0.

4. Shinji Kagawa

Mantan pemain Mannchester United juga Shinji Kagawa dianggap salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Asia khususnya Timnas Jepang. Pemain yang beroperasi sebagai gelandang serang ini pernah memenangkan Liga Primer bersama Setan Merah.

Sementara itu, di Timnas Jepang ia mengemas 97 caps dan mencetak 31 gol di berbagai ajang yang diikuti Timnas Jepang.

5. Hidetoshi Nakata

Hidetoshi Nakata. (Shutterstock)

Hidetoshi Nakata sampai saat ini masih dianggap sebagai pesepak bola asal Jepang yang paling berbakat. Selama memperkuat Negara Samurai Biru, ia sukses mencatat 77 caps diberbagai ajang yang diikuti Timnas Jepang.

Selain itu  Hidetoshi Nakata juga pernah memenangkan gelar Liga Seria A saat memperkuat AS Roma.

6. Cha Bum-Keun

Cham Bum-Keun dikenal sebagai pesepak bola Asia pertama yang sukses menjejaki Eropa. Ia bermain di Liga Jerman dan sukses mencetak lebih dari 50 gol saat memperkuat Eintracht Frankfurt dan Bayern Leverkusen.

7. Song Heung-min

Kapten Korea Selatan, Song Heung-min (sumber: twitter)

Song Heung-min salah satu pesepak bola Asia di era modern yang sukses menaklukkan Eropa. Pemain Tottenham Hotspur ini cukup piawai dalam menjebol jala lawan.

Tak heran jika Song Heung-min pernah mendapatkan penghargaan lima kali sebagai pesepak bola terbaik Asia sejak 2016. Ia juga pemegang 87 caps bersama Timnas Korea Selatan dan pernah bermain di Piala Dunia edisi 2014 dan 2018.

(SuaraSurakarta.id/Fitroh Nurikhsan)

Load More