Husna Rahmayunita
Timnas Malaysia U-23 vs Timor Leste di laga uji coba jelang SEA Games 2021, Jumat (29/4/2022). (Instagram/@famalaysia)

Bolatimes.com - Pakar sepak bola Vietnam Vu Manh Hai menilai Timnas Malaysia U-23 merugi di SEA Games 2021. Pasalnya, Malaysia akan bersua dengan Vietnam di semifinal.

Vu Manh Hai berkomentar jelang laga Vietnam vs Malaysia di semifinal SEA Games 2021. Menurutnya, Malaysia memiliki perbedaan dengan tim lain. Yakni, penggawa Skuad Harimau Muda tak digawangi pemain senior. Hal ini, kata dia, memberikan dampak positif dan negatif.

Malaysia lolos ke semifinal setelah keluar sebagai runner-up Grup B. Skuad Harimau Muda ditahan imbang 2-2 oleh Kamboja di laga terakhir.

"Kedua tim yanng berada di Grup B (Thailand dan Malaysia), masing-masing tim ingin menghindari Vietnam U-23. Namun, Malaysia U-23 menyia-nyiakan peluangnya," ujar Vu Manh Hai dikutip dari Soha, Senin (17/5/2022).

Ia menyebut Malaysia menjadi tim yang paling tak beruntung karena harus menghadapi Vietnam yang notabene dianggap sebagai salah satu tim kuat.

"Malaysia U-23 adalah tim yang seimbang, pemainnya kuat dan teknikal. Namun, mereka tidak menggunakan pemain berusia di atas 23 tahun yang membuat kekuatan tim menjadi lebih terbatas dibandingkan lawan," kata Vu Manh Hai.

"Tim seperti Thailand, Vietnam atau Indonesia semuanya menggunakan pemain di atas usia 23 tahun. Itu membantu mereka bermain lebih dewasa, pada saat dibutuhkan dapat mengandalkan pengalaman faktor-faktor ini, sehingga menjaga ritme permainan lebih baik," sambungnya.

Dengan mengandalkan pemain muda, dikatakannya, Malaysia bermain dengan penuh semangat. Namun, dalam situasi tertentu membuat mereka labil.

"Malaysia U-23 bisa bermain dengan antusias, bermain sangat bersemangat, tetapi ada kalanya tidak stabil karena tidak ada pemimpin. Sudah beberapa kali tim jatuh sebagai contoh saat menahan imbang Hasil imbang 2-2 dengan Kamboja U-23," pungkasnya.

Terlepas dari itu semuanya, Malaysia U-23 akan melewati babak penentuan nasib lawan Vietnam di semifinal SEA Games 2021. Laga tersebut akan berlangsung di Stadion Viet Tri, Kamis (19/5/2022).

Load More