Rauhanda Riyantama
Clement Turpin, wasit yang akan pimpin final Liga Champions 2021/2022 antara Liverpool vs Real Madrid. (AFP)

Bolatimes.com - Mengenal Clement Turpin, wasit yang akan menjadi pengadil di laga final Liga Champions 2021-2022 antara Liverpool vs Real Madrid.

Pada akhir bulan Mei 2022 ini, mata pecinta sepak bola di seluruh dunia akan dimanjakan dengan duel berkelas antara Liverpool vs Real Madrid di final Liga Champions 2021-2022, Minggu (29/5).

Pertarungan ini bisa dikatakan berkelas karena rekam jejak kedua tim di ajang terpopuler se anter Eropa tersebut.

Baca Juga:
Hitung-hitungan Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal dan Jadi Juara Grup A SEA Games 2021

Baik Liverpool dan Real Madrid sama-sama punya sejarah mentereng dan menjadi beberapa tim yang bisa meraih lebih dari dua titel Liga Champions.

Real Madrid tercatat telah meraih 13 gelar Liga Champions sepanjang sejarahnya, sedangkan Liverpool tercatat telah enam kali menggondol Si Kuping Besar.

Selain rekam jejak kedua tim, duel ini akan terasa panas dengan kehadiran pelatih dari kedua tim yang punya rekor mentereng di Liga Champions.

Baca Juga:
Tinggalkan Timnas Indonesia U-23, Saddil Ramdani Cetak Gol Spektakuler untuk Kemenangan Sabah FC

Tercatat, Jurgen Klopp dari Liverpool dan Carlo Ancelotti dari Real Mardrid punya catatan mentereng sebagai pelatih yang sering ke final Liga Champions.

Hingga Liga Champions 2021-2022 ini, Klopp telah tampil di final ajang tersebut sebanyak empat kali. Sedangkan Ancelotti tercatat sudah lima kali unjuk gigi di partai puncak.

Dengan rekam jejak mentereng dan status keduanya sebagai tim papan atas, diperlukan adanya pengadil lapangan yang mumpuni untuk memimpin final Liga Champions 2021-2022 nanti.

Baca Juga:
Final Piala FA: Liverpool Tanpa Fabinho, Chelsea Tak Diperkuat Kovacic

UEFA selaku penyelenggara, memutuskan nama Clement Turpin sebagai pengadil pada pertandingan Liverpool vs Real Madrid nanti.

Lantas, siapakah sosok Clement Turpin tersebut? Berikut profilnya.

Clement Turpin, wasit yang akan pimpin final Liga Champions 2021/2022 antara Liverpool vs Real Madrid. (AFP)

Profil Clement Turpin

Baca Juga:
Jadwal Final Piala FA antara Chelsea vs Liverpool, Digelar Malam Ini

Clement Turpin merupakan wasit kenamaan di dunia sepak bola yang lahir pada 16 Mei 1982 silam. Ia lahir di Oullins, Prancis.

Rekam jejak Turpin sebagai wasit telah tercium sejak 2010 silam, di mana dirinya masuk dalam daftar wasit FIFA dan juga masuk dalam daftar wasit elite UEFA pada 2012.

Sebelum menjadi wasit UEFA, Turpin terlebih dulu bekerja sebagai wasit FIFA sejak 2010, di mana ia ditugaskan memimpin laga-laga internasional dan laga-laga sekelas Piala Dunia 2014 dan 2018.

Sedangkan di UEFA, Turpin baru mengabdi sejak diterjunkan sebagai wasit pada gelaran Liga Europa 2010-2011. Sejak saat itu, dirinya berhasil masuk grup elite wasit UEFA.

Kariernya sebagai wasit memuncak pada tahun 2016. Di tahun tersebut, Turpin terpilih sebagai wasit terbaik di Prancis oleh majalah French Football.

Di tahun tersebut pula, pria berusia 39 tahun ini memimpin beberapa laga di ajang bergengsi, seperti Euro 2016, dan menjadi salah satu dari lima wasit FIFA yang ditugaskan di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro.

Sedangkan laga-laga besar yang pernah dipimpin Turpin pun terbilang cukup banyak, yakni Derby tertua di Bulgaria antara Levski Slavia dan Slavia Sofia.

Pada 2021 lalu pun dirinya juga ditunjuk memimpin laga panas yakni final Liga Europa 2020-2021 antara Villarreal vs Manchester United.

Karena rekam jejaknya itu, Turpin pun dipercaya oleh UEFA untuk memimpin final Liga Champions 2021-2022 antara Liverpool vs Real Madrid.

Usut punya usut, Turpin ternyata punya rekam jejak yang lebih menguntungkan Real Madrid ketimbang Liverpool jelang duel antara kedua tim.

Turpin tercatat telah memimpin pertandingan Liverpool sebanyak tiga laga, di mana The Reds mampu meraih dua kemenangan dan satu imbang.

Sedangkan saat Turpin memimpin pertandingan Real Madrid sebanyak empat kali, Los Blancos selalu meraih kemenangan.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Load More