Husna Rahmayunita
Estrela da Amadora, klub Portugal. (Instagram/@estrelaamadorasad)

Bolatimes.com - Klub Liga 2 Portugal, Estrela da Amadora resmi diakuisisi oleh perusahaan pengelolaan bisnis sepak bola asal Indonesia, Pakuan Football Enterprise.

Pengumuman resmi suksesnya akuisisi Estrela da Amadora oleh Pakuan Football Enterprise diumumkan lewat akun Instagram resmi klub pada Selasa (10/5/2022) malam WIB.

Dodi Irwan Suparno selaku kepala Pakuan Football Enterprise menyebut salah satu alasan akuisii Estrela da Amadora karena faktor sejarah dan tradisi kental klub.

Meskipun berkompetisi di kasta kedua Liga Portugal, Estrela da Amadora merupakan klub yang sarat akan sejarah dan tradisi sepak bola tradisional yang erat.

Tim ini memiliki lokasi yang sangat strategis, hanya 20 menit dari pusat Kota Lisbon dan menjadikannya sebagai salah satu klub incaran para scouting talent di seluruh dunia.

Bibit-bibit pemain muda di Eropa dengan mudah ditemukan di Estrela da Amadora, tak heran mengapa klub ini ini dipilih mengingat proses pengembangan pemain muda paling efisien.

Khususnya bagi para pemain asal Amerika Latin, Estrela da Amadora memiliki banyak hal yang menarik mata pemandu bakat dari liga mana pun di Eropa.

Klub dengan stadion yang memiliki kapasitas 9.288 penonton, Pakuan Football Enterprise melihatnya sebagai joint venture yang sangat strategis.

Jaino Matos selaku sporting director bakal mendedikasikan diri dalam pengembangan pemain usia muda Indonesia dan direkomendasikan untuk tim.

Bersama Estrala da Amadora nantinya para pemain muda Indonesia bakal dibekali dengan standar Liga Portugal sebelum bisa bergabung.

"Kita membutuhkan kesiapan yang sangat matang sebelum mengirimkan pemain asal Indonesia di level Eropa," ucap Jaino Matos.

"Faktor terbesar penyebab pemain gagal bersaing karena belum memiliki kesiapan baik secara mental maupun fisik," imbuhnya.

Bukan tak mungkin Estrela da Amadora bakal menjadi pelabuhan baru bagi para pemain muda asal Indonesia, setelah sebelumnya juga dilakukan di beberapa negara.

Seperti Korea Selatan, Kroasia, Inggris hingga Jepang dan kini Portugal bakal menjadi 'jajahan' para pemain berbakat asal Tanah Air.

Namun sebelum itu, Jaino Matos dkk diberi waktu dua tahun mulai dari sekarang untuk bisa menembus kasta pertama Liga Portugal.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Load More