Rauhanda Riyantama
Pemain Manchester City, Phil Foden tertunduk lesu usai dikalahkan Real Madrid di semifinal Liga Champions. (AFP)

Bolatimes.com - Rekor buruk Pep Guardiola di ajang Liga Champions kembali berlanjut setelah Manchester City gagal melaju ke partai final.

Sebelumnya, Manchester City gagal mempertahankan keunggulan 4-3 atas Real Madrid saat menang pada laga leg pertama Liga Champions 2021/2022.

Pasalnya, anak asuh Pep Guardiola itu digulung Real Madrid dengan skor 1-3 di Santiago Bernabeu, Kamis (5/5/2022) dini hari WIB.

Baca Juga:
Momen Dua Gol Ajaib Rodrygo Goes dalam Satu Menit yang Antar Real Madrid Kalahkan Man City

Dengan kedudukan itu, Los Blancos sukses mengungguli Man City dengan agregat 6-5 dan memastikan diri melenggang ke final Liga Champions 2021/2022.

Dari catatan Opta Joe, ini menjadi kekalahan keenam yang diraih oleh Pep Guardiola di babak semifinal Liga Champions.

Catatan itu membuat pelatih asal Spanyol itu menyamai rekor buruk Jose sebagai pelatih yang paling sering kalah di semifinal sepanjang sejarah Liga Champions.

Baca Juga:
Jadwal Pertandingan Bola Malam Ini: Eintracht Frankfurt vs West Ham serta AS Roma vs Leicester City

Meskipun demikian, hal ini menjadi kekalahan pertama bagi eks-pelatih Barcelona itu di babak semifinal Liga Champions selama menukangi Manchester City.

Padahal, pada musim lalu, Pep sukses mengantarkan The Citizens melaju ke final Liga Champions sebelum akhirnya dijegal Chelsea pada partai puncak.

Sebelumnya, catatan kekalahan Pep Guardiola di semifinal Liga Champions diraih ketika masih berstatus sebagai juru taktik Barcelona, yakni pada musim 2009/2010 dan 2011/2012.

Baca Juga:
Sang Ayah Jagokan Real Madrid Juara Liga Champions, Najwa Shihab: Apa Perlu Buat Nobar Doa Bersama

Selanjutnya, catatan kekalahan arsitek berusia 51 tahun itu diraih ketika menukangi Bayern Munich. Bersama raksasa Bundesliga itu, Pep Guardiola kalah sebanyak tiga kali.

Masing-masing kekalahan itu diraih Pep Guardiola pada ajang Liga Champions edisi 2013/2014, 2014/2015, dan 2015/2016.

Padahal, sebetulnya Pep Guardiola dan Man City sudah berada di atas angin lantaran sukses menang pada leg pertama dengan skor 4-3.

Baca Juga:
Momen Quraish Shihab Saksikan Kemenangan Real Madrid atas Manchester City Curi Fokus

Sayangnya, pada laga leg kedua, mereka gagal mempertahankan keunggulan saat Riyad Mahrez mencetak gol pada menit ke-73.

Sebab, Los Blancos, julukan Real Madrid, sukses menyamakan kedudukan lewat gol dramatis Rodrygo Goes pada menit 90’ dan 90+1’.

Akhirnya, keberhasilan Real Madrid meraih kemenangan dipastikan lewat eksekusi penalti Karim Benzema pada menit ke-90+5.

(Kontributor: Muh Adif Setiawan)

Load More