Husna Rahmayunita
Pemain Timor Leste U-23 Elias Joao da Costa Ximenes Mesquita. (dok. desportu.xyz)

Bolatimes.com - Mengenal Elias Joao Da Costa, pemain milik Timor Leste yang berhasil menjebol gawang Timnas Malaysia U-23 jelang SEA Games 2021.

Jelang perhelatan SEA Games 2021 di Vietnam pada Mei mendatang, Timnas Malaysia U-23 menjalani laga uji coba melawan Timor Leste U-23.

Dari materi yang ada, banyak yang meyakini bahwa Malaysia U-23 akan dengan mudah meraih kemenangan atas Timor Leste.

Baca Juga:
Newcastle vs Liverpool: Jurgen Klopp Pantang Remehkan Rival

Namun hasil di lapangan berkata lain. Secara mengejutkan, Malaysia U-23 takluk dari Timor Leste U-23 dengan skor 1-2.

Di laga tersebut, Timor Leste U-23 mampu unggul terlebih dahulu berkat Elias Joao Da Costa di menit ke-51. Gol tersebut pun mampu disamakan Malaysia U-23 di menit ke-66.

Adalah Faiz Amer Runnizar yang berhasil membawa Malaysia U-23 menyamakan kedudukan atas Timor Leste U-23 di laga itu.

Baca Juga:
Menang Perang Saudara, Jonatan Christie ke Final Kejuaraan Asia 2022

Hanya saja, gol balasan Malaysia U-23 ini berhasil dibalas kembali oleh Timor Leste U-23 lewat Jhon Frith Ornai pada menit ke-77.

Kekalahan Malaysia U-23 ini pun kemudian menjadi buah bibir, mengingat Timor Leste U-23 merupakan salah satu tim lemah di SEA Games 2021 nanti.

Di tengah perbincangan mengenai kekalahan Malaysia U-23 di laga uji coba ini, nama Elias Joao Da Costa juga turut diperbincangkan karena berhasil menyarangkan sebiji gol ke gawang Harimau Malaya.

Baca Juga:
9 Pemain yang Dicoret Shin Tae-yong dari Skuad Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Lantas, siapakah sosok Elias Joao Da Costa itu? Berikut profilnya.

Profil Elias Joao Da Costa

Elias Joao Da Costa lahir dengan nama lengkap Elias Joao Da Costa Ximenes Mesquita pada 27 Maret 2022 di Fatuhada, Timor Leste.

Baca Juga:
Hasani Abdulgani Unggah Prediksi Line Up Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, Dream Team?

Pemain yang berposisi penyerang ini, diketahui baru berusia 20 tahun. Namun di usia yang tergolong muda, ia merupakan andalan dari tim papan atas Timor Leste, Lalenok United.

Karier Elias Joao Da Costa di kancah sepak bola hingga saat ini ia habiskan bersama Lalenok United. Tercatat, ia berhasil menembus tim utama pada 2019 silam.

Sejak saat itu, pemain yang bisa beroperasi sebagai winger ini terus menjadi andalan Lalenok United. Talentanya itu kemudian membawanya menembus Timnas Timor Leste.

Diketahui, Elias Joao Da Costa telah membela Timnas Timor Leste sejak kelompok umur U-16 hingga kini tergabung di skuat senior.

Di skuat senior, pemain berpostur 166 cm ini telah tampil sebanyak enam kali, di mana aksi terakhirnya terjadi kala menjalani laga persahabatan melawan Timnas Indonesia pada 27 Januari 2022 lalu.

Di laga tersebut, Elias Joao Da Costa turun sebagai starter sebelum digantikan di babak kedua oleh sang pelatih, Fabio Joaquim Maciel da Silva.

Jauh sebelum melawan Timnas Indonesia, Elias Joao Da Costa juga sempat turun membela Timnas Timor Leste di ajang Piala AFF 2020 lalu.

Selain itu, Elias Joao Da Costa juga menjadi bagian dari Timor Leste U-23 saat menjadi juara ketiga Piala AFF U-23 beberapa waktu lalu.

Berkat golnya ke gawang Malaysia U-23, Elias Joao Da Costa pun telah mencatatkan satu gol dalam kariernya bersama Timor Leste U-23.

Ia pun akan menjadi andalan di SEA Games 2021 nanti, saat Timor Leste U-23 menghadapi lawan-lawannya di babak grup, salah satunya melawan Timnas Indonesia U-23.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Load More